Mengenal dan Mewaspadai Tiga Faktor Tersembunyi Pemicu Jerawat

Naviri Magazine - Jerawat pada wajah memang sangat menjengkelkan dan bisa mengurangi kepercayaan diri. Anda mungkin sudah rajin cuci muka, ...


Naviri Magazine - Jerawat pada wajah memang sangat menjengkelkan dan bisa mengurangi kepercayaan diri. Anda mungkin sudah rajin cuci muka, menggunakan masker atau obat jerawat secara teratur, tetapi tetap saja jerawat selalu muncul. 

Jika demikian, mungkin ada hal lain yang memicu jerawat dan Anda tidak mengetahuinya. Anda perlu mengetahui pemicu jerawat yang tersembunyi ini. Tentu agar Anda bisa menghindarinya, dan wajah pun bisa mulus tanpa jerawat.

Telepon selular/handphone

Setiap hari Anda pasti memegang alat komunikasi yang satu ini. Saat menggunakan ponsel atau handphone, tangan kita sering berkeringat dan memicu berkembangnya bakteri. Apalagi jika jari-jari Anda tidak bisa lepas dari ponsel pintar.

Keringat pasti lebih banyak dan bakteri pun berkembang biak dengan mudah. Lalu, saat Anda menggunakan ponsel tersebut untuk menelepon dan menempelkannya di telinga, bakteri pun pindah ke pipi dan bisa memicu jerawat. 

Untuk menghindarinya, bersihkan ponsel Anda dengan tisu sebelum Anda menggunakannya.

Terlalu sering membersihkan wajah

Mungkin Anda baru tahu jika terlalu sering membersihkan wajah bisa memicu timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan karena saat wajah dibersihkan terlalu sering akan membuat kulit menjadi kering. 

Dalam keadaan kulit kering ini, kulit cenderung akan mengeluarkan minyak secara berlebihan dan membuat jerawat mudah timbul terutama bagi yang memiliki jenis kulit berminyak. 

Untuk mengatasinya, gunakan sabun wajah yang lembut dan tidak mengandung scrub sebagai perawatan sehari-hari. Bersihkanlah wajah saat Anda sudah di rumah dan selesai beraktivitas.

Alat make-up yang kotor

Kuas blush on dan spons bedak yang kotor juga salah satu pemicu jerawat. Terutama, jika alat tersebut pernah digunakan oleh orang lain, dan setelahnya tidak Anda bersihkan. 

Jika alat-alat tersebut Anda gunakan setiap hari, jagalah kebersihannya agar tidak mengontaminasi kulit dan memicu tumbuhnya jerawat. Bersihkan alat make-up satu minggu sekali dengan shampo bayi dan air hangat.

Kiat mudah memberantas jerawat

Jerawat selalu mendatangkan krisis pede pada penderitanya. Meski berbagai merek obat-obatan sudah dicoba, kadang jerawat tetap saja bandel di wajah. Nah, siapapun yang saat ini sedang pusing memikirkan jerawat di wajahnya, ada baiknya menyimak tips yang berikut ini.
  • Agar jerawat segera menyingkir dari wajah, jangan malas untuk membersihkan muka sesudah melakukan aktivitas dan sebelum tidur.
  • Basuhlah muka dengan air hangat setelah dibersihkan.
  • Jangan memakai kosmetik yang mengandung minyak, karena bisa merangsang munculnya jerawat.
  • Gunakan obat jerawat sesuai dengan anjuran dokter dan sesuai aturan pakainya. Jangan memakai sembarang obat jerawat, karena kalau tidak cocok bisa fatal akibatnya.
  • Pakailah kosmetik khusus untuk kulit berjerawat, misalnya sunscreen, karena jerawat sebaiknya tidak terkena sinar matahari. 
  • Rajin-rajinlah memakai masker wajah untuk kulit berjerawat.
  • Yang paling penting, jaga kebersihan, khususnya kebersihan wajah, karena jerawat tidak suka mampir di tempat bersih.

Related

Tips 8811828492297232091

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item