Ini 10 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut (Bagian 1)


Naviri Magazine - Banyak orang suka makanan pedas, karena nikmat dan menaikkan selera makan. Sayangnya, rasa pedas kadang menyiksa, khususnya jika pedasnya tidak juga hilang dari mulut. Akibatnya, mulut terasa panas seperti terbakar.

Banyak orang menggunakan air putih untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. Padahal, air putih bisa dibilang tidak efektif menghilangkan rasa pedas. Karenanya, jika sewaktu-waktu kalian kepedasan dan ingin menghilangkan rasa pedas dari mulut, ingat sepuluh cara mudah berikut ini.

Es Krim

Makan makanan pedas memang asyik tapi sangat tidak asik apabila rasa pedasnya melebihi yang bisa kita tahan. Jika sudah demikian, bukan nikmat lagi namanya tapi neraka. Begitu sudah kepedasan, biasanya kita akan langsung mencari air untuk diminum. Tapi, ada cara lain untuk meredakan rasa pedas di mulut yakni dengan makan es krim.

Ya, es krim adalah salah satu cara terbaik untuk mendinginkan mulut dari rasa pedas akan cabai. Bukan cara yang buruk bukan meredakan rasa pedas dengan menggunakan es krim. Cukup dengan satu sendok es krim saja bisa menghilangkan rasa pedas yang ada di lidah. Anggap saja es krim adalah makanan penutup yang tepat setelah menikmati makanan pedas.

Madu

Memiliki rasa manis yang alami, madu menjadi minuman pilihan banyak orang karena memiliki khasiat yang super. Meski memiliki rasa yang manis, madu aman dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes. Jadi, apa lagi yang kalian tunggu? Jika lidah kalian sakit karena makan makanan pedas, segeralah minum madu.

Ya, madu juga bisa meredakan rasa panas dan perih di lidah yang disebabkan oleh cabai. Berasal dari bahan alami, memiliki rasa manis, madu merupakan penawar yang bagus untuk meredakan panas di lidah. Tapi, karakteristik madu yang kental mungkin tidak bisa menghilangkan efek pedas seluruhnya. Tapi, lebih baik daripada benar-benar kepedasan kan?

Air Kelapa

Tidak ada yang paling nikmat lagi selain minum air kelapa di saat cuaca sedang panas-panasnya. Sama-sama berasal dari bahan alami, jadi tidak ada alasan untuk tidak menikmati segelas air kelapa bukan? Bukan cuma bermanfaat sebagai penghilang rasa haus, air kelapa juga bisa sedikit meredakan rasa pedas yang menyerang mulut.

Bisa dikatakan bila air kelapa ini adalah susu dalam versi lebih ringan dengan rasa manis yang sama. Bukan cuma bisa mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang akibat beraktivitas, ternyata air kelapa juga bisa digunakan untuk meredakan rasa panas yang disebabkan oleh cabai.

Lemon

Selain air kelapa, minum jus atau air perasan lemon juga sangat nikmat apabila diminum di siang hari ketika matahari sedang terik-teriknya. Apalagi ditambah dengan es, pastinya leher akan terasa adem. Bukan cuma cocok diminum di saat panas, air perasan lemon juga bisa loh meredakan rasa pedas di mulut.

Keefektifan air perasan lemon dalam meredakan rasa pedas di mulut bukanlah isapan jempol saja. Hal tersebut sudah terbukti secara ilmiah. Keasaman dari rasa pedas bisa dinetralisir dengan makanan yang bersifat alkali, lemon salah satunya. Selain lemon, kalian juga bisa meredakan rasa pedas dengan tomat, jeruk, dan nanas.

Selai Kacang

Salah satu cara menikmati roti adalah dengan diolesi dengan selai. Entah itu selai kacang, selai coklat, stroberi atau selai rasa buah lainnya. Tadi sudah disebutkan selai kacang bukan? Selain bisa menjadi sahabat roti, selai kacang juga bisa menjadi sahabat lidah kalian setelah selesai makan makanan yang pedas.

Di dalam selai kacang terdapat kandungan lemak. Kandungan lemak inilah yang bisa menjadi remedi untuk sedikit mengurangi rasa pedas di lidah. Caranya adalah dengan menelan satu sendok makan selai kacang. 

Sayangnya tidak semua orang bisa menggunakan selai kacang sebagai cara untuk meredakan rasa pedas. Bagi kalian yang memiliki alergi terhadap kacang harus mencari cara lain untuk menghilangkan rasa pedas tersebut.

Baca lanjutannya: Ini 10 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut (Bagian 2)

Related

Tips 4918000003231704446

Recent

item