Ini 10 Hal Penting yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Ini 10 Hal Penting yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin - Bagian 1 ). Untu...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Hal Penting yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Tahu Cara Berkomunikasi yang Baik

Memiliki ide brilian tidaklah berguna jika kalian tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya pada orang. Seorang pemimpin perusahaan, ketidakmampuan dalam berbicara bisa menjadi masalah besar. Jika kalian tidak bisa berkomunikasi dengan baik, bagaimana caranya kalian menyampaikan visi dan misi perusahaan?

Tentu saja ketidakmampuan berkomunikasi akan membuat perusahaan akan berjalan tersendat-sendat. Karyawan jadi diharuskan untuk menebak jalan pikiran kalian yang rumit tersebut. Dengan komunikasi yang baik, karyawan bisa lebih paham akan maksud yang kalian inginkan.

Sikap Positif

Orang yang hanya bisa berpikir negatif biasanya sulit disukai oleh orang-orang. Sama halnya dengan seorang pemimpin. Pikirkan saja apabila seorang pemimpin selalu pesimis dalam menghadapi suatu masalah. Sikap negatif seperti sangat mudah menular pada orang-orang sekitar. Tentu saja masalah tersebut tidak akan pernah ketemu jalan keluarnya.

Jika pemimpin mau tim atau perusahaannya, maka orang itu harus bisa memberikan sikap positif pada para karyawan. Tunjukan bahwa seorang pemimpin bisa menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Jika kamu justru sudah menyerah ketika menghadapi suatu masalah, apa jadinya nasib perusahaan?

Komitmen

Siapa lagi yang bisa menjadi panutan bagi para karyawan apabila bukan pemimpinnya sendiri? Jangan berharap karyawan bisa bekerja sesuai dengan apa yang kamu inginkan apabila kamu sendiri sebagai pemimpin tidak bisa memberikan contoh yang baik. Untuk menjalankan perusahaan agar bisa maju, diperlukan yang namanya komitmen.

Dari sejak awal, seorang pemimpin harus memiliki komitmen tinggi untuk membuat perusahaan maju. Efek dari memiliki komitmen tinggi untuk meraih sukses ini bisa membuat para karyawan menaruh rasa hormat pada Anda. Dengan kamu berkomitmen tinggi pada perusahaan, karyawan juga bisa mencontoh sikap kalian tersebut. 

Percaya Diri

Kepercayaan terlalu tinggi memang tidak bagus, tapi tidak memiliki kepercayaan diri juga tidak diperbolehkan. Bagaimana kamu bisa memimpin karyawan apabila kamu sebagai pemimpin tidak memiliki rasa percaya diri? Tidak memiliki rasa percaya diri dapat membuat karyawan jadi bertanya-tanya apakah mereka dipimpin oleh pemimpin yang tepat.

Sudah menjadi hal yang wajar bahwa seorang pemimpin harus memiliki sikap percaya diri. Sikap percaya diri dapat membantu para karyawan untuk tetap melihat positif ke depan. Dengan sikap percaya diri  membuat karyawan tetap yakin bahwa masalah seperti apapun pasti akan ada jalan keluar. 

Kejujuran

Dari sekian banyak sikap yang harus dimiliki oleh pemimpin, sikap jujur adalah hal vital yang tidak boleh dilupakan. Pemimpin yang jujur membuat karyawan bekerja dengan tenang. Setiap perkataan yang diucapkan oleh kamu, karyawan yakin bahwa kamu sudah mengatakan hal yang sebenarnya dan juga bisa dipertanggung jawabkan.

Jika pemimpin tidak memiliki sifat jujur, setiap perkataan yang diucapkan akan selalu menjadi pertanyaan bagi karyawan. Karyawan berpikir bahwa yang sudah dikatakan, semuanya adalah bohong belaka. Andaikan ada hal yang memang harus dirahasiakan, setidaknya berikan penjelasan pada karyawan apa alasan Anda untuk merahasiakan hal tersebut.

Related

Tips 3972663537636562704

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item