Ini 10 Hal yang Sering Kita Dengar, Tapi Mungkin Tidak Tahu Artinya (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Hal yang Sering Kita Dengar, Tapi Mungkin Tidak Tahu Artinya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Internet

Sekarang ini siapa saja pasti sudah menggunakan internet di rumahnya. Bahkan di handphone pun juga sudah dapat menggunakan internet. Tapi apa kalian tahu apa itu internet? Internet merupakan kependekan dari Interconnection-Networking, merupakan sebuah sistem yang berguna untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih.

Dengan adanya internet, maka pertukaran informasi akan menjadi lebih mudah. Contohnya adalah ketika kalian menggunakan komputer dan mengetik google.com, maka komputer kalian dan google akan terhubung dan saling bertukar informasi.

AIDS

AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah suatu gejala yang muncul diakibatkan karena turunnya sistem kekebalan tubuh manusia akibat serangan virus. Virus yang menyerang sistem kekebalan manusia tersebut disebut dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Orang yang diserang oleh virus HIV biasanya akan mudah sekali terserang penyakit karena kekebalan tubuhnya yang menurun. Bahkan penyakit sepele seperti flu dapat berakibat fatal bagi orang yang sudah terserang HIV.  

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat benar-benar menyembuhkan penyakit ini. Virus HIV ini dapat menyebar dengan cepat karena sering gonta ganti pasangan dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

Laser

Pernah melihat guru atau dosen mengajar dengan menggunakan bantuan laser? Laser sebenarnya singkatan dari Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radition. Adalah suatu alat yang dapat memancarkan cahaya yang berasal dari radasi elektromagnetik. Sinar yang dihasilkan dari lasar umumnya hanya 1 warna saja. 

Sekarang teknologi laser bukan hanya bisa digunakan untuk membantu presentasi saja namun bisa digunakan untuk memotong logam, mengukur jarak bumi dengan bulan, dan bisa juga dijadikan sebagai senjata.

Bagaimana cara laser terbentuk? Sinar laser terbentuk dikarenakan adanya proses yang menyebabkan partikel atom di dalam laser bergerak dari energi rendah menuju energi tinggi. Pergerakan atom di dalam laser ini akan menghasilkan yang namanya foton. Foton inilah yang nantinya akan mengeluarkan cahaya yang kuat disebut laser.

Kematian

Kematian merupakan kata yang paling sering kita dengar dan pasti dialami oleh semua orang. Tapi apakah arti sebenarnya dari kematian? Perlu kalian ketahui, kematian adalah akhir dari suatu kehidupan. Tidak hanya manusia, semua makhluk hidup di dunia pasti akan dihadapkan dengan kematian. Penyebab kematian bisa bermacam-macam seperti penyakit, umur atau kecelakaann.

Yang masih menjadi misteri adalah apakah ada kehidupan lain setelah kita mati? Apa yang kita rasakan setelah kita mati? Jika dikaitkan dengan agama, tentunya masing-masing agama memiliki jawaban yang berbeda tentang kehidupan setelah kematian. Meskipun sudah dijelaskan melalui agama, tetap saja tidak ada yang tahu secara pasti apa yang terjadi setelah kita meninggal.

Upil

Satu hal buruk yang sering orang lakukan adalah mengupil. Akan terasa lega sekali setelah kita kita berhasil mengeluarkan sesuatu yang disebut dengan upil dari dalam hidung. Tapi kalian tahu tidak sih apa itu upil? Darimana datangnya upil? Kenapa di dalam hidung kita bisa ada upil?

Ternyata upil itu memiliki nama lain. Nama lain dari upil adalah mukus kering. Mukus kering atau upil ini tidak secara tiba-tiba bisa ada di dalam hidung kita. Upil terbentuk dari hasil pengerasan mukus basah atau yang disebut dengan ingus. Ingus yang telah mengeras akan menggumpal di dalam hidup dan akhirnya membentuk yang namanya upil.

Related

Science 5687670283010867966

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item