Ini 10 Hewan yang Dianggap Punya Penampilan Paling Aneh di Dunia (Bagian 1)

Naviri Magazine - Ada banyak hewan yang hidup di bumi, sebagian biasa kita lihat dan sebagian lain jarang kita saksikan. Hewan yang biasa k...


Naviri Magazine - Ada banyak hewan yang hidup di bumi, sebagian biasa kita lihat dan sebagian lain jarang kita saksikan. Hewan yang biasa kita lihat misalnya ayam, ikan, kambing, kerbau, anjing, kucing, dan hewan-hewan lain yang biasa ada di sekitar kita. Sementara hewan yang jarang kita saksikan misalnya harimau, macan, buaya, dan sebagainya, yang memang hidup jauh dari tempat tinggal kita.

Di luar hewan-hewan semacam singa dan semacamnya, ternyata ada pula hewan-hewan yang jarang kita saksikan, dan mereka memiliki penampilan yang sangat aneh. Dianggap aneh, karena tampilan mereka sangat lain dibanding hewan-hewan lain. Sepuluh hewan berikut ini di antaranya.

Kura-Kura Alligator Snapping

Kura-kura ini sudah ada sejak lama dan menjadi kura-kura air tawar terbesar yang pernah ada. Kura-kura Alligatos Snapping merupakan predator menakutkan yang dapat ditemukan di wilayah Amerika Serikat.

Wajahnya memang aneh, tapi gigitan kura-kura ini dapat menyebabkan luka yang fatal. Apalagi mengingat hewan ini sangat baper alias sensitif. Sedikit gangguan saja, kura-kura ini tidak akan segan langsung menggigit apapun yang ada di hadapannya. Kura-kura Alligator Snapping dapat dengan mudah menggigit hingga putus jari manusia. Sangat menakutkan bukan?

Kura-Kura Matamata

Nama Matamata diambil dari bahasa Spanyol yang artinya bunuh. Sama dengan Alligator Snapping, kura-kura ini juga merupakan pembunuh ulung di air. Banyak di temukan di peraian Amerika Selatan.

Matamata memiliki kepala besar yang datar, leher yang panjang, dan hidung panjang yang menyerupai alat snorkeling. Matamata dapat berkamuflase dengan sempurna di daerah yang berlumpur. Menu makanan utama dari Matamata adalah ikan kecil. Jika ada ikan yang berenang di hadapannya, Matamata dengan cepat akan menyambar ikan tersebut dengan mulutnya, dan menelan ikan tersebut.

Warthog

Mirip dengan babi hanya saja dengan ukuran tubuh yang lebih besar. Inilah hewan warthog. Tubuh besar, kepala datar, dan moncong keras yang dipenuhi dengan semacam bantalan daging. 

Banyak orang yang salah mengira bantalan daging ini dengan kutil, padahal bukan. Bantalan daging ini bukan hanya sekedar hiasan. Bantalan daging inilah yang melindungi warthog ketika sedang berkelahi.

Babi aneh ini banyak ditemukan di wilayah Afrika. Warthog memiliki ciri-ciri bulu yang tipis. Hanya bulu di bagian punggung yang lebih panjang dari bagian tubuh lain. Termasuk hewan herbivora tapi hewan ini bisa sangat berbahaya karena memiliki sepasang tanduk yang tajam dan runcing.

Purple Frog

Sesuai dengan namanya, karena memiliki tubuh berwarna ungu, tidak heran jika katak ini diberi nama purple frog. Tidak hanya warnanya yang berbeda dengan kebanyakan katak yang berwarna hijau atau coklat, wajah dari purple frog juga sangat berbeda. Atau yang lebih tepatnya jika disebut dengan sangat aneh.

Memiliki moncong yang runcing, mata bulat yang kecil, serta tubuhnya yang besar seperti berisi dengan gas membuat bentuk katak ini tidak hanya aneh tapi juga menyeramkan. Seakan bila kita menyentuhnya, tubuh katak ini akan meledak dan melepaskan gas beracun. 

Purple frog menghabiskan waktunya untuk bersembunyi dan berburu makanan. Makanan favoritnya berupa rayap, semut, dan cacing.

Star Nosed Mole

Tikus berhidung bintang atau star nose mole, begitulah nama hewan aneh ini. Hal yang membuat dirinya aneh adalah bagian hidungnya yang berbentuk seperti bintang.

Hidung yang terlihat mengerikan ini ternyata memiliki fungsi penting bagi si tikus. Hidung berbentuk bintang tersebut memiliki ribuan sensor yang membuat tikus dapat mendeteksi keberadaan mangsanya saat bergerak di dalam air atau tanah. Tikus berhidung bintang lebih banyak menghabiskan waktunya berenang di air.

Baca lanjutannya: Ini 10 Hewan yang Dianggap Punya Penampilan Paling Aneh di Dunia (Bagian 2)

Related

Science 3376544563759125615

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item