Ini 10 Jalan Raya Paling Berbahaya Sekaligus Paling Ekstrem di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Jalan raya dibuat sebagai sarana untuk mencapai suatu tempat tertentu. Jalan yang baik tentu dibuat seaman mungkin, agar kecelakaan pada para pengendara bisa diminimalkan. 

Namun jalan di beberapa belahan dunia ini dibuat di tempat yang sangat ekstrem. Sebegitu ekstrem, sampai jalan raya-jalan raya itu sangat terkenal sebagai jalan berbahaya. Inilah 10 jalan raya paling berbahaya di dunia.

Halsema Highway, Filipina

Salah satu jalan di dunia yang tidak ingin kamu lewati adalah jalan yang berada di Filipina bernama Halsema Highway. Berlokasi di pulau Luzon, Halsema Higway adalah jalan yang melalui Central Cordirella Valley dari Baguio menuju Bontoc. 

Yang membuat jalan ini menjadi jalan yang ekstrim dan berbahaya karena jalan ini sering terjadi tanah longsor dan juga batu jatuh. Akibatnya membuat beberapa pengendara motor yang terkena longsoran tanah atau batu jadi terjatuh. 

Tidak hanya tanah longsor dan batu saja yang bisa mengancam jiwa, tikungan tajam yang sangat banyak juga bisa mengantarkan pengendara motor menuju rumah sakit atau menuju peristirahatan terakhir jika berkendara terlalu cepat.

Jalalabad-Kabul Road, Afghanistan

Banyak jalan berbahaya di dunia tapi tidak ada yang bisa menandingi Jalalabad-Kabul Road. Jalan yang menjadi penghubung antara kota Jalalabad dan Kabul di Afghanistan ini berbahaya bukan karena adanya ancaman teroris atau perampok. Melainkan karena kombinasi antara jalan licin, kecil, dan belokan tajam. 

Jalan kecil menanjak sejauh 65 km ini diapit oleh jurang besar yang dalam. Para pengemudi yang berani menyalip kendaraan di depannya kemungkinan dia sudah bosan hidup. Tapi kenyataannya memang banyak pengemudi yang mengebut dan saling menyalip satu sama lain di jalan berbahaya ini.

Stelvio Pass, Italia

Jika kamu memang bernyali, coba lalui jalan Stelvio Pass yang berada di Italia ini. Jalan kecil penuh tikungan dengan panjang 2,7 km tersebut bisa membuat jantung berdetak cepat. Ditambah lagi angin kencang semakin membuat jalan ini menjadi salah satu jalan paling ekstrim yang ada di dunia. 

Dengan ketinggian 2.756 meter, jalan ini adalah jalan tertinggi yang berada di sebelah timur pegunungan Alpen. Sedikit lengah melalui jalan ini bisa berakibat fatal dengan jatuh ke bagian bawah dari gunung. Apalagi pembatas jalannya yang juga tidak terlalu tinggi bisa membuat setiap pengendara tidak boleh memacu kendaraan terlalu cepat.

Trollstigen, Norwegia

Jalan yang menjadi penghubung antara Andalsnes dan Valldal yang berada di Norwegia ini tidak diragukan lagi keekstremannya. Dalam bahasa Inggris, Trollstigen berarti Troll's Footpath atau Trolls Ladder yang berarti jejak Troll. Troll merupakan monster mitologi yang memiliki tubuh besar dan wajah mengerikan. 

Jalan berbahaya ini dibangun selama 8 tahun dan dibuka pada tahun 1936 sebagai bagian dari Norwegian National Road 63. Pada musim salju, jalan ini tidak boleh dilalui karena tertutup salju yang membuat jalan semakin licin. Trollstigen terdiri dari 9% tanjakan dan 11 tikungan U. Pemerintah secara khusus melarang kendaraan dengan panjang lebih dari 11 meter untuk melewati jalan ini.

Rohtang Pass, India

Inilah satu-satunya jalan yang menurut BBC Travel sebagai jalan ekstrim yang dibutuhkan GPS untuk bisa menemukan jalan ini. Bagaimana mungkin jalan ini sulit ditemukan? Hal tersebut dikarenakan jalan yang berada di India ini melalui bagian Barat dari gunung Himalaya yang tertutup salju. Jadi orang-orang harus menggali salju untuk dapat melalui jalan ini.

Rohtang Pass terkenal akan tanah longsor, gempa bumi, dan bahkan badai yang tidak bisa diprediksi kapan akan datang. Untuk semakin menambah horror jalan ini, Rohtang berarti tumpukan mayat. Nama tersebut diberikan mengingat banyaknya korban jatuh akibat tanah longsor yang menimpa jalan ini. Kejadian mengerikan terjadi di tahun 2010 ketika badai salju mengakibatkan 300 turis terperangkap di jalan.

Baca lanjutannya: Ini 10 Jalan Raya Paling Berbahaya Sekaligus Paling Ekstrem di Dunia (Bagian 2)

Related

International 8424761402327448977

Recent

item