Ini 10 Pemain Basket Terhebat Sepanjang Masa (Bagian 1)


Naviri Magazine - Basket, sebagaimana olahraga lain, melahirkan atlet-atlet hebat yang kemudian dipuja dan dikenang para penggemarnya, hingga mereka pensiun dan tidak lagi aktif dalam olahraga yang membesarkan namanya. Seperti dunia sepak bola mengenang Maradona dan dunia tinju mengenal Mohamad Ali, misalnya, basket juga memiliki tokohnya sendiri.

Tentu ada banyak sekali pemain basket yang hebat, dan daftar berikut ini adalah sepuluh pemain basket yang dianggap terhebat sepanjang masa. Siapa saja?

Oscar Robertson

Meskipun atlet basket ini kelahiran tahun 1938, bukan berarti membuat dirinya tidak bisa masuk ke dalam daftar 10 pemain basket terhebat sepanjang masa. Mungkin alasan kenapa dirinya berada di peringkat 10 adalah karena dirinya bermain di era yang berbeda yakni 1961-1962. Jadi tidak heran jika anak-anak muda jaman sekarang tidak begitu mengenal namanya.

Gaya permainan pemain yang dijuluki The Big O ini tergolong simple, tidak terlalu banyak trik yang rumit. Tanpa gaya yang "wah" dirinya sudah berhasil mendapatkan banyak penghargaan. Sebanyak 2 kali gelar MVP, 4 juara kemenangan, 13 musim berturut-turut masuk sebagai The Best Team dan All Defensive Team. 

Wilt Chamberlain

Sanggup membuat rata-rata skor 50 dalam setiap musim, mencetak 100 point dalam sebuah permainan, mendapatkan 55 rebound, 33 kemenangan beruntun. Adakah alasan untuk tidak memasukan namanya ke dalam daftar 10 pemain basket terhebat sepanjang masa? Rasanya itu mustahil.

Bermain sebagai post player di masa yang tidak begitu mengerti perannya membuat dirinya menjadi diremehkan. Tapi karena permainannya sangat dominan menjadikan dirinya selalu tampil memukau dalam setiap pertandingan yang ia jalani. 

Momen yang paling diingat adalah ketika dirinya secara luar biasa berhasil mencetak 100 poin dalam sebuah pertandingan yang diadakan pada tanggal 2 Maret 1962.

Larry Bird

Bila dibandingkan dengan Michael Jordan, Larry Bird kalah dalam soal dunk. Tapi dalam hal shooting, Larrylah yang unggul atas Jordan. Selain shooting, Larry juga memiliki keunggulan dalam rebound, free throw, dan jumlah pass. 

Sebagai pemain basket, Larry bukanlah tipikal pemain egois yang mementingkan berapa banyak angka yang bisa ia cetak, Larry juga tidak ragu dalam melakukan rebound bola. Larry merupakan tipe pemain yang lebih mementingkan kemenangan tim daripada rekor pribadi.

Larry dikenal oleh banyak orang sebagai pemain basket terhebat, kreatif, pemain defensive terbaik, shooter terbaik. Selain itu, dirinya juga merupakan pemain dengan mental yang kuat. Tim manapun akan sangat beruntung bisa memiliki pemain seperti Larry Bird.

Shaquille O'Neal

Merupakan hal yang sangat bodoh bila tidak memasukan nama O'Neal dalam 10 pemain basket terhebat sepanjang masa. Bermain sebagai center, tidak ada pemain center lain yang seperti O'Neal. O'Neal dianggap sebagai pemain center yang memiliki segalanya. 

Dengan tubuh setinggi 216 cm dan berat 142 kg membuat O'Neal dapat dengan mudah membully lawan-lawannya. Raksasa di lapangan basket ini menjadi rajanya rebound dalam setiap permainan. Sayangnya saja O'Neal saat ini telah berhenti bermain basket, jika dirinya masih bermain, mungkin dirinya bisa meraih prestasi yang lebih banyak lagi.

LeBron James

Dia memiliki skill dribble yang bagus, mempunyai lemparan yang akurat, LeBron James bisa melakukan apa saja yang ia mau dan bisa saja menyaingi prestasi yang telah diraoih Michael Jordan. LeBron James benar-benar merupakan pemain dengan potensi mengagumkan.

Dengan ukuran tubuh yang kecil, tapi dirinya bisa menjadi pemain basket terbaik. Banyak orang yang menganggap bahwa LeBron berhak mendapatkan penghargaan lebih atas apa yang telah ia tunjukkan diatas lapangan. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi LeBron adalah pemain basket terhebat sepanjang masa.

Baca lanjutannya: Ini 10 Pemain Basket Terhebat Sepanjang Masa (Bagian 2)

Related

Sports 2394455537205543915

Recent

item