Ini 10 Suara Misterius yang Tidak Bisa Dijelaskan oleh Manusia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Dengan telinga, kita bisa mendengar suara-suara yang ada di sekitar. Baik suara mesin, orang berbicara, dan bahkan suara hewan. Dari suara, kita bisa memperkirakan jarak dan juga apa yang mengeluarkan suara tersebut. 

Namun di dunia ini ada sejumlah suara misterius yang tidak pernah terdengar sebelumnya oleh manusia, dan tak bisa dijelaskan dari mana suara itu berasal atau benda/orang yang mengeluarkan suara tersebut. Inilah 10 suara misterius yang tidak bisa dijelaskan oleh siapa pun sampai sekarang.

Upsweep

Suara misterius ini pertama kali didengar pada bulan Agustus 1991. Suara tersebut sangatlah keras sehingga bisa terdengar di samudra Pacific. Suara aneh yang keras ini memunculkan rasa penasaran para ilmuwan. Akhirnya para ilmuwan memutuskan untuk menyelidiki tentang suara misterius tersebut rutin di setiap tahunnya.

Meski sudah diteliti, para ilmuwan masih kesulitan menemukan asal mula suara misterius tersebut. Satu hal yang berhasil diperoleh adalah suara misterius tersebut berasal di gunung berapi bawah laut. 

National Oceanic and Atmospheric Administration mengeluarkan hasil bahwa suara tersebut sudah semakin jarang didengar. Karena sudah semakin menurunnya intensitas suara tersebut, peneliti mengalami kesulitan untuk mengindentifikasi asal dan juga penyebab suara tersebut bisa muncul.

Julia

Pada tanggal 1 Maret 1999, dan terdengar jelas selama 15 detik di hampir seluruh Samudra Pacific, suara misterius ini dinamakan dengan Julia. Alasan kenapa dinamakan Julia disebabkan oleh suara yang muncul seperti menyebutkan nama Julia. Suara ini dideteksi dengan menggunakan alat yang dinamakan Autonomous Hydrophone.

Suara yang menyerupai orang tersedak air minum ini sangatlah misterius. Tidak diketahui lokasi dan juga wujud sesuatu yang menyebabkan suara tersebut. Agar tidak muncul spekulasi aneh mengenai suara misterius ini, National Oceanic and Atmospheric Administration atau yang disingkat NOAA mengatakan bahwa suara ini hanyalah suara gunung es yang bergerak di dalam air.

Astronot yang Hilang

Tidak ada hal lain yang lebih mengerikan daripada mendengar suara yang berasal dari luar angkasa. Apalagi jika suara tersebut merupakan suara dari astronot yang hilang di lua rangkasa. Tapi hal tersebut sungguh-sungguh terjadi dan dialami oleh Judica Codiglia bersaudara. Mereka mendengar dan merekam suara wanita yang menangis yang diduga berasal dari luar angkasa.

Suara tangisan wanita yang diduga berasal Rusia ini menjadi topik pembicaraan yang hot di dunia, terutama Uni Soviet. Menurut sejarah, wanita pertama yang dikirim Uni Soviet ke luar angkasa adalah Valentina Tereshkova pada tahun 1963. Tapi, suara yang didengar oleh Judica Codiglia bersaudara terjadi pada tahun 1961. 

Judica Cordiglia bersaudara menangkap sebuah transmisi yang diduga sebagai astronot yang hilang. Suara misterius tersebut terdengar dalam bahasa Rusia. Suara tersebut sangat menyeramkan seakan menceritakan betapa frustasinya astronot tersebut terjebak di luar angkasa.

Skyquakes

Dinamakan dengan Skyquakes karena kerasnya suara ini sehingga bisa membunyikan alarm mobil yang sedang berhenti di parkiran. Suara yang terdengar seperti meriam di udara tersebut sudah menjadi pembahasan yang hangat sejak tahun 1800an. 

Suara Skyquakes yang sangat keras tersebut tersebut telah menjadi bahan penelitian oleh sejumlah ilmuwan. Para ilmuwan mencari tahu darimana asal suara tersebut dan apa penyebabnya, apakah mungkin di langit bisa terjadi gempat ataukah suara itu berasal dari meteor yang meledak di udara? 

Ada teori konspirasi yang menyebut bahwa suara tersebut adalah uji coba senjata baru yang dilakukan oleh pemerintah.

UVB-76

Suara misterius yang diberi nama UVB-76 telah lama terdengar di radio sejak tahun 1970an. Disebut juga sebagai "The Buzzer", suara misterius ini adalah sebuah gelombang pendek di radio dengan frekuensi 4625 kHz. Suara misterius tersebut terdengar monoton dan terdengar berkali-kali sebanyak 25 kali per menit, selama 24 jam.

Suara misterius yang tidak jelas tersebut terkadang terdapat gangguan berupa pesan samar yang terdengar dalam bahasa Rusia. Alasan dari keberadaan stasiun radio tersebut masih sulit untuk dikonfirmasi. Namun banyak orang yang menganggap bahwa suara misterius tersebut berasal dari gelombang radio mata-mata.

Baca lanjutannya: Ini 10 Suara Misterius yang Tidak Bisa Dijelaskan oleh Manusia (Bagian 2)

Related

Science 5021500243046300645

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item