Ini 10 Tips Berguna Sebelum Memutuskan Beli Rumah (Bagian 1)


Naviri Magazine - Mencari rumah untuk menjadi tempat tinggal kadang bukan hal yang mudah. Bahkan orang yang sudah berpengalaman masih mengalami kesulitan untuk menemukan calon tempat tinggal yang tepat. 

Untuk itulah, sebelum membeli rumah harus benar-benar mempersiapkan segala hal dengan matang, agar tidak salah beli. Berikut ini adalah 10 tips berguna sebelum membeli rumah.

Cek Furniture

Penting diketahui mengenai furniture rumah yang akan dibeli. Sebelum membeli rumah, tentunya kita harus menentukan furniture seperti apa yang akan kita taruh di dalam rumah. Begitu banyaknya toko furniture akan membuat kita lebih leluasa untuk memilih furniture rumah yang kita inginkan.

Meskipun begitu, ada kemungkinan juga ada beberapa furniture lama yang ada di dalam rumah. Kita harus menentukan apakah furniture tersebut masih bisa dipakai atau tidak. Jika iya, maka hal ini bisa membuat pengeluaran kita menjadi lebih ringan.

Cek KPR

KPR merupakan kepanjangan dari Kredit Pemilikan Rumah, adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan berupa rumah dengan skema pembiayaan hingga 90% dari harga rumah. Biasanya para pengembang sudah bekerja sama dengan pihak bank untuk mempermudah proses KPR.

Dengan menggunakan KPR akan memudahkan kamu untuk membeli rumah yang diinginkan. Kamu cukup menyiapkan dana beberapa % dari harga rumah. Bank yang bersangkutan akan membayar sekitar 90% kepada pihak pengembang. Surat kepemilikan rumah akan diberikan setelah membayar lunas hutang yang ada di bank.

Rajin Membantu Tetangga Pindahan Rumah

Sebelum berpikir untuk membeli rumah, ada baiknya kita membantu teman atau tetangga pindahan rumah. Terlihat simple tapi tips ini termasuk tips yang berguna bagi kalian. 

Selain bisa membangun kekerabatan, membantu tetangga pindahan rumah juga bisa memberikan informasi dan pengalaman bagi kita yang nantinya juga akan mengalami hal yang sama begitu pindah ke rumah baru.

Dengan informasi dan pengalaman membantu tetangga yang pindahan, setidaknya kita menjadi punya sedikit gambaran akan apa saja yang harus dilakukan ketika pindahan, Dari kendaraan, biaya, waktu, dan perabotan apa saja yang harus diutamakan. 

Konsultasi Pada yang Lebih Berpengalaman

Tidak ada manusia di dunia ini yang mengerti akan semua hal. Karena itulah dibutuhkan peran orang yang ahli dalam bidangnya yakni seorang konsultan. Seorang konsultan dibutuhkan oleh orang untuk bisa mencarikan solusi yang cocok untuk memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi.

Membeli rumah memang bukan perkara yang mudah. Salah membeli rumah bisa berdampak fatal. Tidak ada salahnya kita mengeluarkan sedikit uang untuk menyewa seorang konsultan. Dengan berkonsultasi dengan yang ahli, kita bisa mendapatkan sejumlah informasi yang kita butuhkan untuk membeli rumah. Kita juga bisa memperkecil kemungkinan salah beli rumah.

Cek Lingkungan Sekitar

Kita tentunya menginginkan lingkungan tempat tinggal yang kondusif. Kondisi lingkungan yang kondusif bisa membuat kita merasa nyaman tinggal dan hidup. Bayangkan apa yang terjadi jika kita tinggal di lingkungan rumah yang kotor, berisik, dan tidak aman. Pastinya kita akan dihantui perasaan tidak nyaman. 

Karena lingkungan tempat tinggal menjadi faktor penting dalam memilih rumah baru, kita harus benar-benar memastikan jika lingkungan tempat tinggal sudah sesuai dengan apa yang kita mau. Rumah bagus dan mewah tapi lingkungan jorok dan tidak aman akan membuat kalian merasa tidak betah tinggal di rumah.

Baca lanjutannya: Ini 10 Tips Berguna Sebelum Memutuskan Beli Rumah (Bagian 2)

Related

Tips 1382814009115602282

Recent

item