Jangan Lakukan, Ini 10 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pengendara Motor (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Jangan Lakukan, Ini 10 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pengendara Motor - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Lampu HID sendiri sebenarnya ada terbagi atas beberapa warna dengan tingkat keterangan yang berbeda-beda. Penggunaan lampu HID yang terlalu terang sebenarnya bisa membahayakan pengguna jalan lain yang datang dari arah berlawanan. 

Lampu HID yang terlalu terang bisa menyilaukan mata dan bisa mengakibatkan kecelakaan. Tapi ada beberapa pengendara sepeda motor yang seakan tidak perduli dan tetap menggunakan lampu HID yang terang.

Yang Selalu Terdepan

"Yamaha, Semakin Di Depan" adalah slogan yang seringkali kita dengar di televisi. Slogan ini merupakan slogan terkenal dari salah satu perusahaan motor besar, Yamaha. Slogan ini sepertinya sangat merasuk ke dalam kepala dan juga hati dari para pengendara motor.

Tidak percaya? Coba lihat di setiap lampu merah, sudah jelas ada zabra cross yang ditujukan untuk menyebrang jalan, tapi para pengendara sepeda motor malah menghentikan kendaraan mereka tepat atau di depan zebra cross. 

Para pengendara sepeda motor ini percaya bahwa semakin di depan, maka mereka akan semakin cepat sampai ditujuan. Untuk kelakuakn pengendara motor satu ini memang sudah tergolong sangat menyebalkan, apalagi untuk para pejalan kaki.

Knalpot Berisik

Penggunaan knalpot racing sudah menjadi tren di kalangan para pengendara sepeda motor. Bagi orang yang menggunakan knalpot racing, mereka menganggap bahwa suara yang dihasilkan oleh knalpot mereka itu keren. Tapi bagi orang lain belum tentu. Justru suara yang dihasilkan oleh knalpot racing ini sangatlah menyebalkan dan menganggu pendengaran.

Untungnya adalah sudah ada tindakan dari pihak yang berwajib akan knalpot racing. Dimana beberapa pengendara motor sudah dipaksa untuk mengembalikan knalpot mereka ke semula. Pengendara yang masih bandel akan dipaksa mencopot knalpot mereka. Kemudian, knalpot tersebut akan disita dan kemudian dihancurkan.

Sering Membunyikan Klakson

Sama halnya dengan lampu sein, klakson dibuat dengan tujuan untuk memberikan peringatan kepada pengendara akan sesuatu. Misalnya kita sedang berada di lajur kanan dan ingin melaju lebih cepat tapi di depan kita ada kendaraan lain yang menghalangi. 

Kita akan membunyikan klakson untuk memberi sinyal kepada kendaraan di depan kita untuk sedikit bergeser ke kiri agar kita bisa lewat.

Sekarang ini, banyak pengendara menyebalkan yang membunyikan klakson secara berlebihan terutama di saat jalan sedang terhambat karena macet. Kita semua pastinya ingin cepat sampai tujuan, tidak ada yang suka dengan namanya kemacetan. 

Sudah tahu bahwa jalanan macet parah, buat apa juga membunyikan klakson secara terus menerus. Bukannya malah mempercepat, yang ada malah membuat sebal para pengendara lain.

Knalpot Mengarah ke Wajah

Hal menyebalkan yang pasti hampir dialami oleh semua pengendara motor, yakni disembur knalpot motor. Seperti yang kita ketahui, beberapa pengendara motor sengaja menaikkan knalpot mereka agar tidak kemasukan air ketika banjir. Menaikkan knalpot motor yang bertujuan baik ini justru bisa menjadi hal menyebalkan yang bisa mengganggu kendaraan bermotor lain.

Kapan saatnya knalpot tinggi ini mengganggu pengendara lain? Sebagian besar kejadian menyebalkan akan knalpot tinggi ini terjadi ketika macet. Ketika di depan kita ada motor yang memiliki knalpot tinggi dan secara tiba-tiba menggas motornya, kita yang berada di belakangnya akan terkena efek dari semburan knalpot mereka. 

Meskipun bukan hal yang di sengaja, tapi tetap saja menyebalkan. Wajah di sembur dengan knalpot bukanlah pengalaman yang menyenangkan.

Tukang Ngebut

Ini dia kelakuan paling menyebalkan pertama yang semua orang pasti akan temui di jalan raya. Terinspirasi dari para pembalap MotoGP, kelihatannya para pengendara motor sangat berbakat menjadi pembalap MotoGP meneruskan jejak Valentino Rossi. Mungkin saja dari sekian banyak pengendara motor, salah satunya ada yang bisa menjuarai Moto GP. Siapa tahu saja ya.

Seringnya yang terlihat kebut-kebutan ini adalah orang-orang yang masih muda, bahkan sampai anak SD pun ada yang sudah menekuni dunia balap sejak usia dini. Seharusnya sebagai orangtua bisa mengajari anak-anaknya untuk tidak melakukan hal berbahaya seperti itu. 

Daripada kebut-kebutan di jalan, lebih baik kebut-kebutan di sirkuit yang sudah disiapkan. Siapa tahu saja ada yang bisa direkrut jadi pembalap profesional.

Related

Automotive 9187982890509750140

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item