Kisah 10 Agen Rahasia Paling Terkenal Sepanjang Sejarah (Bagian 1)


Naviri Magazine - Selama ini, kita mungkin mengenal agen rahasia atau mata-mata dari film yang kita tonton. Melalui film pula, kita mengenal dan menyaksikan James Bond, Ethan Hunt, dan lain-lain. Bagaimana dengan agen rahasia di dunia nyata?

Di dunia nyata juga ada kisah-kisah tentang agen rahasia, dan sejarah telah mencatat sepak terjang mereka. Di antara banyak agen rahasia yang tercatat dalam sejarah, berikut ini adalah sepuluh agen rahasia yang dianggap paling terkenal.

George Blake, Belanda

George Blake adalah mata-mata berdarah Belanda yang lahir pada tahun 1922. Blake memulai karirnya sebagai mata-mata untuk negara Inggris pada masa Perang Dunia II. Nasib sial dialami Blake, aksinya ketauan dan dirinya ditangkap oleh tentara Korea Utara. 

Oleh pemerintah Korea Utara, Blake ditahan selama 3 tahun. Selama menjalani masa kurungan tersebut, Blake kemudian berubah haluan menjadi orang komunis.

Di tahun 1953 Blake kembali ke tanah Inggris dengan dianggap sebagai pahlawan. Namun pemerintah Inggris tidak tahu bahwa Blake berstatus agen ganda. Blake membocorkan sebanyak 40 lebih anggota MI6 pada Uni Soviet. Jelas saja aksi Blake ini menghancurkan jaringan MI6 di Eropa Timur. 

Aksi mata-mata Blake akhirnya terbongkar dan dijatuhi hukuman 42 tahun penjara. Lima tahun kemudian, Blake berhasil kabur dan terbang ke Moskow. Di tahun 2007, Vladimir Putin memberikan penghargaan Order of Friendship untuk Blake.

Aldrich Ames, Amerika

Lahir di Wisconsin, Amerika Serikat, Aldrich Ames berperan sebagai agen ganda yakni untuk Amerika dan Uni Soviet. Di Amerika, Ames bertugas sebagai salah satu agen dari badan keamanan yang disebut CIA. Bekerja sebagai agen di CIA membuat Ames bisa bebas mengakses sejumlah data personal sejumlah agen Amerika.

Demi mendapatkan hadiah uang yang besar, Ames menjual data para agen CIA tersebut pada Uni Soviet. Atas tindakannya, Uni Soviet memberikan imbalan uang sebesar 4,6 juta USD pada Ames. 

Uang tersebut dipakai oleh Ames untuk mendapatkan hidup yang layak dengan membeli perhiasan, rumah, dan mobil mewah. Aksi Ames tercium oleh FBI dan Ames dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara US Penitentiary, Pennsylvania.

The Cambridge Five, Inggris

The Cambridge Five merupakan julukan yang diberikan untuk 5 orang Inggris yang ternyata berprofesi sebagai mata-mata untuk Uni Soviet. Kelima mata-mata tersebut adalah Kim Philby, Donald Duart Maclean, Guy Burgess, dan Anthony Blunt. 

Mata-mata kelima hingga saat ini indentitasnya masih belum diketahui. Alasan kenapa diberi nama The Cambridge Five dikarenakan keempat orang tersebut belajar tentang ajaran komunisme di Universitas Cambridge.

The Cambridge Five juga terkenal dengan sebutan Cambridge Spy Ring. Diakui oleh Anthony Blunt bahwa mereka direkrut menjadi mata-mata Uni Soviet ketika mereka menamatkan kuliah. Semasa Perang Dunia II, The Cambridge Five membocorkan sejumlah informasi penting pada Uni Soviet. 

Selain bertugas untuk membocorkan informasi untuk Uni Soviet, The Cambridge Five juga diberi tugas memberikan informasi palsu untuk Nazi.

Dusan Popov, Serbia

Apa kalian ingat dengan agen rahasia terkenal Inggris bernama James Bond? Dalam film tersebut ditampilkan James Bond sebagai mata-mata Inggris yang keren, tampan, jago berkelahi, menembak, dan juga playboy. Bisa dikatakan bahwa karakter James Bond tersebut terinspirasi oleh Dusan Popov. Dusan Popov sendiri merupakan mata-mata Inggris yang lahir di Serbia.

Semua sifat yang dimiliki oleh James Bond tersebut dimiliki juga oleh Dusan Popov. Popov adalah seorang mata-mata untuk MI6 dan aktif semasa Perang Dunia II. Serangan Jepang terhadap Pear Harbor sebelumnya telah diprediksi oleh Popov. Namun FBI tidak percaya dengan informasi yang dikatakan oleh Popov.

Baca lanjutannya: Kisah 10 Agen Rahasia Paling Terkenal Sepanjang Sejarah (Bagian 2)

Related

History 283288980896485631

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item