Luar Biasa Indah, Inilah 10 Goa di Dunia yang Akan Membuatmu Terpesona (Bagian 1)


Naviri Magazine - Sebagai fenomena alami, goa ada di mana-mana, tersebar di berbagai negara, dan sebagian menjadi tempat wisata karena keindahannya. Berbeda dengan objek-objek wisata buatan manusia, goa memiliki keindahan alami, karena memang terbentuk sebagai fenomena alam yang berlangsung sangat lama.

Berikut ini adalah sepuluh goa yang dianggap terindah di dunia, yang tersebar di berbagai wilayah banyak negara.

Phong Na Cave, Vietnam

Goa yang menjadi kebanggaan Vietnam ini telah menjadi bagian dari UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang mengagumkan. Kalian yang ingin melihat sendiri keindahan dari goa Phong Na bisa datang ke Minh Hoa distrik yang ada di Utara-Tengah Vietnam. Kira-kira berjarak 500 km dari selatan kota Hanoi.

Untuk menjaga keindahan goa, dibangunlah Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang. Di taman nasional ini juga kalian bisa menemukan sekitar 300 goa indah yang tidak kalah dengan Phong Na. Dalam goa yang memiliki panjang 126 km ini, kalian bisa menemukan sungai bawah tanah yang indah.

Barton Creek Cave, Belize

Belize adalah salah satu negara bagian yang berada di Amerika Selatan. Di negara kecil ini, terdapat salah satu goa terindah yang pernah ada. Goa tersebut bernama Barton Creek. Berani jamin, siapapun yang pergi ke goa ini akan takjub dan terpesona melihat keindahannya.

Goa alam yang berada dekat San Ignacio ini bukan hanya dikenal sebagai situs arkeologi saja melainkan juga sebagai tempat wisata. Diduga bahwa goa ini dulunya pernah digunakan oleh suku Mayan sebagai tempat tinggal. Terbukti dari beberapa ukiran gambar yang berada di dalam dinding goa. Di dalam goa juga terdapat aliran sungai sepanjang 6.400 meter.

Skocjan Cave, Slovenia

Menjadi bagian dari situs warisan dunia UNESCO membuat goa ini dilindungi oleh pemerintah negeri Slovenia. Karena itulah goa Skocjan juga dianggap sebagai harta karun berharga yang dipunyai oleh Slovenia. Meski tidak terlalu panjang, goa dengan panjang 2 km ini masih bisa menarik perhatian turis mancanegara tiap tahunnya. 

Termasuk dalam salah satu goa mengagumkan yang ada di dunia, Skocjan memberikan pemandangan bawah tanah yang mungkin tidak bisa kalian temukan di tempat lain. Demi melindungi warisan dunia ini, dibangunlah sebuah taman nasional Skocjan dan dikelola oleh Skocjan Caves Park Public Service Agency.

Glowworm Cave, New Zealand

Glowworm adalah sebuah goa indah yang berada di Waitomo, New Zealand. Alasan kenapa dinamakan dengan goa Glowworm karena goa ini menjadi habitat dari cacing Glowworm, Arachnocampa Luminosa. Goa ini menjadi goa yang sangat spesial karena hanya disinilah satu-satunya tempat dimana kamu bisa melihat cacing yang bisa menyala dengan terang.

Untuk bisa menikmati keindahan goa Glowworm, banyak sekali jasa tour yang siap untuk disewa sebagai pemandu. Dengan menyewa pemandu, kalian bisa menikmati keindahan goa dengan menaiki perahu kecil.

Cave of Crystals, Meksiko

Kalian pernah menonton film Superman? Dalam film tersebut ditunjukan sebuah tempat rahasia yang digunakan oleh Superman sebagai markasnya. Markas yang dipenuhi dengan kristal tinggi tersebut mungkin bisa dibilang terinspirasi dari salah satu goa mengagumkan yang ada di dunia yaitu Cave of Crystals yang berada di Meksiko.

Goa Crystals merupakan goa unik yang di dalamnya dapat ditemukan pilar kristal Selenite yang tinggi. Goa yang ditemukan pada tahun 2000 ini memiliki temperatur yang lumayan panas yakni 580 Celcius. 

Tanpa perlengkapan yang cukup, para pengunjung hanya bisa bertahan paling sekitar 10 menit dalam goa. Meskipun panas, goa ini masih tetap menarik untuk dikunjungi.

Baca lanjutannya: Luar Biasa Indah, Inilah 10 Goa di Dunia yang Akan Membuatmu Terpesona (Bagian 2)

Related

Traveling 7992215256077606555

Recent

item