Mau Hidup Lebih Sehat dan Berwarna? Ini 10 Tips untuk Mewujudkannya (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Mau Hidup Lebih Sehat dan Berwarna? Ini 10 Tips untuk Mewujudkannya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Jangan Takut Sinar Matahari

Matahari adalah sumber energi dan semua makhluk hidup bisa hidup karena adanya sinar matahari. Perlu kalian ketahui bahwa sinar matahari memberikan vitamin D dimana manfaat vitamin D adalah mengurasi resiko terserang kanker, penyakit jantung, ssclerosis, dan osteoporosis. Di saat kalian membeli vitamin D, matahari dapat memberikan manfaat vitamin D secara gratis!

Perlu kalian pastikan bahwa kalian tidak terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari. Menurut peneliti dari University of Manchester, waktu yang ideal untuk menikmati manfaat dari sinar matahari adalah di siang hari. Yang perlu kalian perhatikan juga adalah lama waktu berjemu. Lama waktu berjemu yang ideal adalah sekitar 10-15 menit. 

Diet

Menginginkan hidup yang lebih sehat dan berwarna harus dimulai dari diri sendiri. Jika kamu masih rajin mengkonsumsi makanan yang disajikan di restoran cepat saji, maka gaya hidup seperti itu tidak akan membawa perubahan yang positif untuk hidup.Yang mungkin terjadi adalah kamu akan mengalami obesitas dan obesitas menjadi sumber masalah dari berbagai penyakit di yang akan mendatang,

Jika kamu ingin hidup yang sehat tentunya kamu harus memberikan apa yang terbaik bagi tubuh.Konsumsi makanan yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh, jangan pernah turuti apa yang mulut dan hati inginkan karena biasanya mulut dan hati ingin merasakan makanan yang enak saja dan melupakan faktor kesehatan. 

Aktif Bergerak

Jika sudah bisa mengatur pola makan dengan benar, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk meraih hidup yang lebih sehat dan berwarna adalah dengan aktif bergerak. Biar bagaimanapun, tubuh perlu dilatih agar bisa lebih sehat dan tidak kaku. Lakukan olahraga ringan selama 30 menit secara rutin sudah cukup untuk membuat tubuh lebih segar.

Bagi yang sibuk di kantor, bukan berarti kalian tidak bisa berolahraga. Setelah sekian lama duduk, kamu harus melakukan beberapa peregangan untuk menyegarkan tubuh. Perlu diketahui bahwa duduk terlalu lama tidaklah bagus untuk kesehatan.

Minum Air Putih

Saat sekolah, kita diajarkan bahwa tubuh manusia terdiri dari 70% air. Air menjadi kebutuhan penting yang tidak bisa dihilangkan. Jadi sangat penting bagi kita untuk selalu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Kekurangan pasokan air bisa mengakibatkan dehidrasi dan menurunkan fungsi kerja tubuh.

Bagi yang belum membaca manfaat air putih bagi tubuh, bisa membacanya pada artikel 10 manfaat minum air putih. Tapi sebisa mungkin untuk tidak minum air putih ketika makan karena hal tersebut bisa mengganggu proses pencernaan. Waktu yang tepat untuk minum air putih adalah 30 menit sebelum atau sesudah makan. 

Tidur

Yang terakhir dan yang paling penting untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dan berwarna adalah dengan mencukupi kebutuhan tidur. Setelah seharian bekerja dan beraktivitas, tubuh membutuhkan istirahat untuk mengembalikan energi yang telah terpakai. 

Layaknya mesin mobil yang juga memerlukan istirahat, tubuh kita pun memerlukan sejumlah waktu agar bisa kembali melakukan kegiatan secara normal keesokan harinya.

Kebutuhan tidur minimal 6 jam adalah cara yang harus dilakukan agar tubuh bisa beristirahat dan juga memperbaiki sel tubuh yang rusak. Pastikan tidur kamu tidak ada yang mengganggu. Jauhkan segala macam gadget dari tempat tidur agar kamu bisa tidur lebih nyenyak.

Related

Tips 4195420063003861950

Recent

item