Melesat Seperti Kilat, Inilah 10 Kereta Api Tercepat di Dunia (Bagian 2)

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya ( Melesat Seperti Kilat, Inilah 10 Kereta Api Tercepat di Dunia - Bagian 1 )...


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Melesat Seperti Kilat, Inilah 10 Kereta Api Tercepat di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

CRH 380A - 380 kph

CRH 380A ini adalah kereta super cepat yang ada di Cina. Dikembangkan oleh CSR Corporation Limited dan telah berfungsi sejak tahun 2010 sampai sekarang. Cina boleh berbangga karena kereta buatannya ini adalah kereta original yang tidak menyontek desain dari kereta dari negara lain.

CRH 380A bisa mencapai kecepatan maksimal 380 kilo per jam. CRH 380A mulai dikembangkan pada tahun 2008. Di tahun 2011 CRH 380A pernah mengalami kecelakaan fatal. Semenjak kecelakaan tersebut, oleh pemerintah Cina, kecepatan kereta CRH 380 A diturunkan. Yang tadinya mencapai 380 kilo per jam kini menjadi 299 kilo per jam.

Shanghai Maglev - 430 kph

Dibuka untuk umum pada tahun 2004, Shanghai Maglev adalah kereta pertama di dunia yang digerakan dengan tenaga magnetik. Kereta luar biasa ini dikembangkan oleh produsen kereta asal Jerman. Shanghai Meglov menghubungkan pinggir kota Shanghai sampai airport Pudong. Kecepatannya bisa mencapai 430 kilo per jam.

Dengan memakan biaya yang mencapai 1,2 miliar USD, sudah sapantasnya Shanghai Maglev bisa berlari dengan cepat. Pada tanggal 11 Agustus 2006, Shanghai Maglev sempat mengalami kebakaran. Kejadian itu terjadi setelah kereta meninggalkan airport Pudong. Untungnya tidak ada korban jiwa. Penyebab kebakaran diperkirakan karena aliran listrik.

Transrapid 09 - 500 kph

Kereta cepat berikutnya masih merupakan hasil pengembangan dari produsen kereta asal Jerman, sama dengan Shanghai Maglev. Dikatakan bahwa Transrapid 09 adalah kereta terbaru dan tercanggih yang pernah dibuat. Sanggung berakselerasi dan mengurangi kecepatan dalam waktu yang singkat.

Sama dengan Shanghai Maglev, Transrapid 09 juga digerakkan menggunakan tenaga magnetik. Dirancang secara khusus untuk bisa mencapai kecepatan 500 kilo per jam. Sekarang ini Transrapid 09 berada di Emsland, Jerman.

TGV POS - 574 kph

Bergerak menghubungkan negara Perancis dan Swiss, Train a Grande Vitesse adalah kereta super cepat yang dioeparsikan oleh SNCF, sebuah perusahaan asal Perancis. Ada 2 unit TGV POS yang berfungsi sebagai transportasi penghubung antara Perancis dan Swiss. Kereta pertama yang telah dimodifikasi dan kedua yang belum dimodifikasi.

Diungkapkan oleh SNCF bahwa kereta TGV POS yang sudah dimodifikasi berhasil mencapai maksimal 574 kilo per jam. Sedangkan yang belum dimodifikasi hanya memiliki kecepatan maksimal hingga 321 kilo per jam.

JR-Maglev MLX01 - 584 kph

Kereta tercepat kedua di dunia bernama JR-Maglev MLX01. Merupakan sebuah kereta super cepat yang ada di Jepang. JR-Maglev MLX01 memiliki kecepatan maksimal yang cukup menakjubkan yakni 584 kilo per jam. Kecepatan tersebut didapat setelah melakukan uji coba di jalur sepanjang 43 km di Yamanashi.

Kurang lebih selama 12 tahun JR-Maglev MLX01 memegang rekor sebagai kereta paling cepat di dunia dari tahun 2003. Setelah 12 tahun yakni di tahun 2015, rekor kecepatan JR-Maglev MLX01 dipecahkah oleh kereta cepat lain yang juga berasal dari Jepang.

SCMaglev L0 Series - 603 kph

Jangan terkejut begitu kamu tahu seberapa cepat laju kereta ini. Kereta yang bernama SCMaglev L0 Series sanggup menyentuh kecepatan maksimal 603 kilo per jam. Dikembangkan oleh Central Japan Railway Company, SCMaglev L0 Series adalah kereta cepat yang menghubungkan 2 kota di Jepang yaitu Tokyo dan Osaka.

Pengukuran kecepatan SCMaglev L0 Series dilakukan pada 21 April 2015. Tidak ada yang menduga bahwa kereta tersebut bisa mencapai kecepatan 603 kilo per jam. Awalnya hanya diperkirakan bisa mencapai 505 kilo per jam saja. 

Dengan kecepatan seperti itu, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke kota Nagoya dari Tokyo dan hanya 1 jam 7 menit dari Tokyo menuju Osaka.

Related

Technology 5096486919059776057

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item