Perlu Tahu, Ini 10 Masalah yang Biasa Dihadapi Orang Kidal (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Perlu Tahu, Ini 10 Masalah yang Biasa Dihadapi Orang Kidal - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Desain Meja Kelas yang Tidak Sesuai Orang Kidal

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tuntutlah ilmu sampai negeri seberang. Artinya, kita sebagai manusia jangan pernah lelah untuk belajar. Jadi jangan heran bila sedari kecil, kita sudah dimasukan ke dalam sekolah. Tujuannya ya untuk belajar sehingga menjadi orang pintar dan sukes.

Di beberapa sekolah ada yang menggunakan meja dengan desain unik dimana di sebelah kanannya memiliki bagian yang panjang seperti tampak pada gambar di atas. Meja tersebut sengaja didesain untuk orang normal yang biasa menulis dengan menggunakan tangan kanan. Bagaimana dengan orang kidal? Menulis adalah sebuah siksaan.

Kesulitan Bermain Video Game

Siapa disini yang hobi bermain video game? Apakah itu di Play Station, Xbox atau Nintendo? Setiap console yang ada, pastinya memiliki controller. Setiap console memiliki controller yang berbeda, namun mereka memiliki kesamaan. Kesamaan itu adalah semua controller memiliki tombok aksi yang ada di sebelah kanan, sedangkan arah di sebelah kiri. Cocok untuk orang normal.

Orang yang kidal tentunya akan menemui kesulitan menggunakan controller seperti itu. Harapannya adalah tombol aksi ada di sebelah kiri, sedangkan untuk arah ada di sebelah kanan. Kalau gitar sih memang ada yang dibuat secara khusus untuk orang kidal, tapi controller sepertinya tidak.

Mouse Komputer Selalu Ada si Sisi Kanan

Tidak cuma main video game saja yang direpotkan dengan controller yang tidak nyaman. Mengoperasikan komputer juga menjadi masalah yang selamanya tidak akan bisa diselesaikan oleh orang kidal. Dari posisi hingga bentuk mouse serta keyboardnya, semua dirancang untuk senyaman mungkin bagi mereka yang menggunakan tangan kanan.

Orang yang aktif menggunakan tangan kiri harus memindahkan mouse ke sebelah kiri sebelum dioperasikan. Apakah masalah selesai sampai disana? Tidak, karena setting mouse juga dibuat untuk orang kanan, maka orang kidal harus mengubah setting klik kanan pada mouse menjadi klik kiri.

Pembuka Tutup Kaleng

Orang normal yang menggunakan tangan kanan, biasanya tidak akan kesulitan untuk menggunakan alat untuk membuka tutup kaleng. Pembuka tutup kaleng dibuat khusus untuk mereka yang bukan kidal. Di bagian pegangan alat pembuka tutup kaleng sudah didesain sedemikian rupa untuk mudah digunakan untuk orang normal.

Orang yang memiliki tangan dominan kiri akan menemukan kesulitan besar jika harus membuka kaleng dengan menggunakan alat pembuka tutup tersebut. Daripada susah-susah, lebih baik minta tolong pada orang lain untuk membuka kaleng.

Berjabat Tangan

Berjabat tangan pada umumnya dilakukan dengan menggunakan tangan kanan. Apalagi jika kalian tinggal di daerah Asia, berjabat tangan sudah pasti menggunakan tangan kanan. Berbeda di Amerika yang dimana orangnya tidak begitu mempermasalahkan berjabat tangan menggunakan tangan kiri atau kanan.

Sama seperti poin pertama, banyak orang yang memiliki stigma bahwa tangan kiri adalah tangan yang buruk atau jelek. Jika ada anak kecil memiliki tangan dominan sebelah kiri, maka akan langsung diajarkan untuk mengganti tangan dominannya menjadi sebelah kanan. Jika ada orang yang bersalaman menggunakan tangan kiri, maka orang tersebut dianggapnya tidak sopan.

Related

Science 8939498376892493674

Recent

item