Sejarah Singkat Blogger dan Wordpress, Platform Blog yang Paling Banyak Digunakan di Internet


Naviri Magazine - Dalam dunia blogging, dua penyedia hosting terpopuler adalah Blogger dan Wordpress. Kedua situs ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun keduanya memiliki penggemar atau pengguna yang sama banyaknya. Anda pun mungkin memiliki blog di kedua hosting gratian mereka. 

Nah, untuk mendekatkan Anda dengan ‘rumah kos’ blog Anda, berikut ini sejarah singkat Blogger dan Wordpress. 

Blogger

Blogger atau yang juga dikenal dengan sebutan Blogspot, diluncurkan pertama kali oleh Pyra Labs, pada bulan Februari 2003. Pyra Labs adalah sebuah perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan Google dalam perjanjian dengan isi yang tidak disebutkan. 

Pada tahun 2004, Blogger membeli Picasa, yaitu suatu utilitas untuk berbagi foto, yang kemudian ikut dimasukkan dalam fitur Blogger. Pada tahun itu pula, Blogger memperkenalkan desain pertamanya, dengan tambahan fitur seperti standar web dengan berbagai template, halaman individu untuk posting dan menerima posting, halaman komentar, dan posting dengan email. 

Pada bulan Desember 2006, Blogger telah hadir dalam versi Beta. Kemudian pada tahun 2007, Blogger berpindah server ke Google, dan pada tahun 2007 pula Google menempati peringkat ke-16 dalam list 50 top domain dengan kriteria jumlah pengunjung unik (unique visitor) yang sangat banyak.

Wordpress

Wordpres merupakan aplikasi publikasi blog yang bersifat open source. Wordpress dibuat untuk menggantikan “b2\cafelog” yang dikembangkan oleh Michael Valdrighi. Kemudian muncul nama Wordpress yang dilontarkan oleh Christine Selleck, seorang teman dari pengembang Wordpress, Matt Mullenweg. 

Wordpress tampil pertama kali pada tahun 2003 sebagai usaha kerjasama antara Matt Mullenweg dengan Mike Little yang bertujuan membuat pengganti b2. 

Pada tahun 2004, banyak pengguna yang bermigrasi ke Wordpress, dan hal ini kontan menyebabkan popularitas Wordpress segera meningkat, sampai pada tahun 2007 Wordpress memenangkan penghargaan Packet Open Source CMS (Content Management System) terbaik.

Related

Internet 230329754965431195

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item