Terkenal Nekat, Ini 10 Artis yang Tak Pernah Menggunakan Pemeran Pengganti (Bagian 1)


Naviri Magazine - Dalam pembuatan film, apalagi film action, pemeran pengganti atau stuntman selalu disiapkan. Fungsi pemeran pengganti adalah menggantikan pemain film saat memerankan adegan-adegan berbahaya. Tujuannya agar si aktor tidak mengalami cedera dalam proses syuting film, dan pengerjaan film bisa lancar tanpa masalah.

Umumnya, pemain film memang menggunakan pemeran pengganti saat melakukan adegan-adegan berbahaya. Namun ternyata ada pula aktor-aktor yang terkenal nekat dan berani, hingga tidak pernah menggunakan pemeran pengganti dalam pembuatan film-film mereka. Sepuluh aktor berikut ini di antaranya.

Zoe Bell

Siapa bilang perempuan itu tidak bisa melakukan adegan berbahaya sendiri? Pendapat tersebut berhasil dimentahkan oleh seorang artis perempuan sekaligus stuntwoman bernama Zoe Bell. Zoe Bell adalah artis sekaligus stuntwoman asal Selandia Baru. Dialah yang menjadi stuntwoman dari Lucy Lawless dalam serial televisi Xena The Warrior Princess dan Uma Thurman dalam film Kill Bill.

Aksinya yang berani dari Zoe Bell mengundang minat sejumlah sutradara untuk menjadikannya artis sungguhan. Tentu saja peran yang dimainkan oleh Zoe Bell tidak lepas dari adegan aksi yang berbahaya. Zoe Bell beberapa kali memerankan adegan berbahayanya sendiri dalam sejumlah film seperti Whip it dan Angel of Death.

Burt Lancaster

Sebelum berprofesi menjadi seorang aktor, Burt Lancaster merupakan seorang pemain akrobat profesional. Seperti yang kita tahu bahwa untuk menjadi pemain akrobat dibutuhkan kelincahan dan juga keberanian besar. Jadi begitu Burt ditawari menjadi aktor, dirinya sama sekali tidak takut untuk melakukan adegan berbahaya tanpa pemeran pengganti.

Burt yang juga merupakan pemenang Oscar ini bisa membuktikan pada orang banyak akan kemampuan atletis yang dimilikinya. Di film yang berjudul The Flame and The Arrow, Trapeze, dan The Train, Burt mampu berperan dengan sangat baik. Pengalamannya sebagai pemain akrobat benar-benar membantunya dalam melakoni setiap adegan berbahaya dalam film.

Arnold Schwarzenegger

Salah satu binaragawan terbaik di dunia dan sekaligus aktor Hollywood ternama, dialah Arnold Schwarzeneger. Tubuh besarnya bukan hanya sebagai pajangan saja, Arnold ternyata juga memiliki keberanian yang tidak kalah besar dengan otot tubuhnya. 

Dalam film yang dimainkan, Arnold sama sekali tidak ragu untuk melakukan adegan berbahaya seorang diri. Dirinya lebih memilih melakukannya sendiri daripada bergantung pada pemeran pengganti.

Di dua filmnya yang terkenal yaitu Conan dan Commando, Arnold sama sekali tidak menggunakan jasa pemeran pengganti. Kala itu juga sangat sulit untuk mencari stuntman yang mirip dengan Arnold. Jadi, adegan berbahaya seperti berkelahi dengan serigala, jatuh dari gedung setinggi 12 meter, dan melompat dari pesawat, semua dilakukan sendiri oleh Arnold.

Buster Keaton

Ketika teknologi semakin maju, hampir banyak film menggunakan efek komputer untuk membuat film menjadi lebih menarik. Sangat berbeda di jaman dulu dimana teknologi masih seadanya. 

Para artis zaman dulu diharuskan untuk melakukan semua hal sendiri, termasuk melakukan adegan berbahaya. Dan salah satu aktor jaman dulu yang sanggup melakukan adegan berbahaya tanpa bantuan pemeran pengganti adalah Buster Keaton.

Buster Keaton merupakan aktor Amerika yang hidup di tahun 1895 sampai tahun 1966. Keaton berani memerankan semua adegan berbahaya seorang diri tanpa pemeran pengganti. Salah satu momen menegangkan ketika Keaton bermain dalam film berjudul Steamboat Bill Jr. Saat itu bangunan dengan berat mencapai 2 ton jatuh menimpa dirinya.

Harrison Ford

Umur boleh saja tua, tapi aktor dalam film Indiana Jones ini dikenal sebagai aktor hebat dan berani yang mau melakukan adegan berbahaya tanpa bantuan stuntman. Aktor senior ini juga pernah datang ke Indonesia dalam rangka melihat keadaan hutan di negeri tercinta kita ini, dia adalah Harrison Ford.

Ketika bermain dalam film Indiana Jones and The Kingdom of Crystal Skull, Ford pada saat itu sudah memasuki usia 60an. Meski sudah tua, tapi Ford tidak begitu saja pasrah dengan keadaan tersebut. Dirinya tetap berani melakukan aksi berbahaya sendiri. Luka memar, terpotong, dan benturan menjadi hasil dari keberaniannya. 

Baca lanjutannya: Terkenal Nekat, Ini 10 Artis yang Tak Pernah Menggunakan Pemeran Pengganti (Bagian 2)

Related

Celebrity 882257318062711706

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item