Tips Merawat Peralatan Berbahan Alumunium agar Selalu Bersih Mengilap


Naviri Magazine - Hampir sebagian besar peralatan rumah tangga dan dapur kita pada masa sekarang ini terbuat dari alumunium. Mungkin masih jarang diketahui banyak orang, bahwa barang-barang yang terbuat dari alumunium memerlukan perawatan dan penanganan tersendiri agar dapat digunakan secara maksimal. Berikut ini adalah tips seputar perawatan barang alumunium yang bisa Anda lakukan:

Apabila Anda membeli peralatan memasak baru, semisal panci, wadah pengukus, atau yang lainnya yang terbuat dari alumunium, maka biasanya barang-barang itu akan membuat makanan yang diolah di dalamnya menjadi lengket. Hal ini dikarenakan alat-alat itu masih baru. 

Nah, untuk menghindarkan hal ini, Anda bisa merebus air yang telah ditambahi sedikit cuka di dalamnya, hingga mendidih, di dalam wadah atau peralatan yang baru tersebut. Dengan cara ini, peralatan baru itu pun tidak akan lengket lagi jika dipakai untuk memasak.

Untuk membersihkan peralatan yang menghitam atau berkarat, Anda bisa menggunakan campuran air sebanyak satu liter yang ditambah dengan satu sendok teh krim tartar. Rebuslah air tersebut di dalam peralatan yang akan dibersihkan, selama sekitar sepuluh menit, kemudian angkat. Selanjutnya, gosok peralatan tersebut hingga bersih, selagi air rebusan di dalamnya masih hangat.

Untuk menghilangkan bau amis atau anyir yang masih menempel pada peralatan karena baru dipakai untuk mengolah masakan yang amis, bubuhi peralatan dengan beberapa tetes air jeruk nipis. Tunggu selama sekitar 15 menit, kemudian cuci bersih dengan menggunakan sabun cuci dan spons.

Untuk barang-barang yang tidak terkena api secara langsung semacam loyang, cetakan kue atau wadah lainnya, Anda bisa merawatnya dengan cara seperti berikut: Setelah dicuci, keringkan di bawah sinar matahari, atau panaskan oven selama dua menit. Jika ada noda atau flek yang menempel pada barang-barang tersebut, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lap bersih.

Jika Anda menggunakan oven konvensional, selalu bersihkan seluruh bagiannya, mulai dari kaca, rak, hingga bagian bawah oven, yang langsung terkena api. Cara ini akan menjadikan oven Anda tahan lama dan awet digunakan.

Related

Tips 2654697001066556415

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item