Aneh! Meski Diterjang Salju dan Hujan, Pohon Ini Tetap Terbakar Sampai 1 Tahun


Naviri Magazine - Sebuah pohon sequoia (Sequoiadendron giganteum) raksasa di Taman Nasional Sequoia California terus mengeluarkan asap alias tetap terbakar selama hampir satu tahun. Pohon itu pertama kali dilalap api ketika kebakaran melanda taman nasional pada musim panas tahun lalu.

Menurut pernyataan National Park Service, para ilmuwan menemukan pohon tersebut ketika mengamati taman nasional untuk menentukan efek dari kebakaran tahun 2020.

“Pohon Sequoia yang terletak di Broad Camp Grove dan tidak bisa diakses melalui jalur darat itu teramati dari kejauhan masih membara dan mengeluarkan asap. Kemungkinan besar (sudah terbakar) dari kebakaran tahun 2020,” papar National Park Service dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip Live Science.

Kebakaran di Taman Nasional Sequoia terjadi pada Agustus 2020 dipicu oleh sambaran petir. Api kemudian membakar sekitar 60.000 hektar lahan sebelum akhirnya berhasil dipadamkan pada Desember 2020.

Anehnya, salah satu pohon sequoia yang ada di sana tetap terbakar dan mengeluarkan asap meski hujan dan salju menghantam daerah tersebut. Menurut peneliti, fenomena pohon terbakar dalam waktu lama bisa saja terjadi karena beberapa bagian dalam pohon menyediakan ruang yang kaya akan oksigen dan tempat berlindung untuk api.

Namun, bagi pohon sequoia hal ini tidak lazim karena seharusnya sequoia mampu beradaptasi dengan baik terhadap api serta memiliki kulit tahan api.

"Fakta bahwa beberapa wilayah masih membara dan berasap dari Kebakaran Kastil 2020 menunjukkan betapa keringnya taman itu," kata Leif Mathiesen, asisten petugas manajemen kebakaran untuk Taman Nasional Sequoia & Kings Canyon, dalam sebuah pernyataan.

Kondisi kering bukan pertanda baik untuk musim panas tahun ini yang diperkirakan mencapai puncaknya antara Juli dan November. Pihak berwenang di sana telah membuat beberapa rencana agar kebakaran bisa dikendalikan, termasuk mengurangi semak belukar yang bisa menyebabkan kebakaran besar.

Related

News 7438213508894134430

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item