Apa perbedaan Internet dan Intranet? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Internet adalah sistem komputer global yang dihubungkan secara bersamaan untuk saling berkomunikasi. Istilah umum yang dipakai untuk menunjuk network tingkat dunia yang terdiri dari komputer dan layanan servis, dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, Gopher, FTP, dan World Wide Web. 

Internet adalah sejumlah besar network yang membentuk jaringan interkoneksi (interconnected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANET dan merupakan jaringan WAN terbesar yang ada saat ini.

Sedangkan Intranet adalah internet dalam bentuk yang lebih kecil. Biasanya dibuat untuk perusahaan atau organisasi tertentu. Intranet banyak menggunakan protokol yang sama dengan internet, seperti TCP/IP. 

Intranet juga bisa diartikan sebagai jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet, namun tidak terhubung dengan jaringan internet, dan hanya digunakan secara internal. Meski halaman intranet bisa terhubung ke jaringan internet, namun jaringan model ini bukanlah sebuah situs yang dapat diakses oleh umum.

Selain Internet dan Intranet, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Internet Address 

Disebut juga alamat internet, merupakan sebuah alamat 32-bit yang digunakan untuk mengenali host dan network di internet. 

Internet Device 

Alat canggih seperti komputer yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi atau berinteraksi melalui internet, baik untuk surfing, mengirim dan menerima e-mail, bahkan untuk melakukan chatting, baik menggunakan teks, suara, gambar, maupun video. Misalnya notebook, palmtop, handphone, Internet-TV, dan lain-lain. 

Internet Explorer 

Suatu browser web terkenal yang diproduksi oleh Microsoft. 

Internet Sharing PC 

Sebuah komputer yang menyimpan banyak sumber daya seperti file, data, informasi, dan koneksi internet, yang bisa diakses oleh komputer lain yang terhubung ke jaringan. 

Internet Sharing Software 

Software PCnet-Home yang memungkinkan pembagian akses ke internet dengan menggunakan satu account ISP dan satu buah modem, serta koneksi DSL, ISDN, ataupun kabel modem. Internet sharing software bisa digunakan untuk membuat internet sharing PC. 

Internet Society 

Suatu organisasi yang didedikasikan khusus untuk mendukung pertumbuhan dan evolusi internet.

Internet Surfing

Pemakaian browser web untuk melihat informasi yang disimpan pada banyak komputer yang berbeda di internet. Informasi diakses melalui pages yang dikelola sebagai website.

Internet-TV 

Sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media/alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet. 

InterNIC 

Singkatan dari Internet Network Information Center, yaitu sebuah tempat penyimpanan informasi tentang internet. InterNIC dibagi menjadi dua bagian, yaitu Directory Services yang dijalankan oleh AT&T di New Jersey, dan Registration Services yang dioperasikan oleh Network Solutions di Virginia. InterNIC didirikan oleh National Science Foundation, dengan ditunjang dari biaya yang dipungut dalam pendaftaran internet domain.

Digital Computer

Komputer yang melakukan pengolahan data dengan menghitung, bukan dengan melakukan pengukuran seperti yang dilakukan komputer analog. 

Digital HD Radio

Teknologi yang menyatukan audio digital dan data, dan mentransmisikannya secara bersamaan dengan sinyal AM/FM analog, hingga membuat pendengar dapat menikmati audio yang berkualitas tinggi.

Digital Research Inc. 

Sebuah perusahaan pembuat software yang berada di California, USA. 

Digital Service Unit 

Peralatan tambahan yang berfungsi mengubah format data yang akan dikirim melalui saluran public WAN. 

Digital Signal Processing 

Teknik pengolahan sinyal secara digital. Setelah suara dan gambar dapat diproses seperti aliran angka (digital), maka bermacam-macam hal dapat dilakukan, misalnya pengurangan gangguan suara (noise), atau memperjelas detail suatu gambar. 

Digital Signature 

Digital signature, atau tanda tangan digital, adalah kode bersifat digital yang dapat ditempelkan pada pesan yang dikirim secara elektronis. Tanda tangan ini menjadi identifikasi dari si pengirim pesan. Seperti halnya tanda tangan tertulis, tujuan tanda tangan digital adalah untuk menjamin bahwa yang mengirimkan pesan itu memang benar-benar orang yang seharusnya.

Related

Technology 8865390240689102270

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item