Pro Kontra Ceramah Ustaz Yusuf Mansur: Nggak Mudik Dapat Lailatul Qadar


Naviri Magazine - Pro kontra ceramah Ustaz Yusuf Mansur menjadi perbincangan hangat para netizen. Bagaimana tidak, pimpinan Pesantren Tahfizh Daarul Quran Banten itu menyebut 'Nggak Mudik' bisa dapat Lailatul Qadar di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Pernyataan itu diunggah Ustaz Yusuf Mansur melalui Instagram pribadinya. Dalam unggahan tersebut Ustaz Yusuf Mansur bersama pria berseragam polisi.

"Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Sekarang ini salah satu ibadah yang bisa memungkinkan kita dapat Lailatul Qadar adalah justru tidak mudik," ucap sang ustaz mengawali videonya.

Dalam unggahan tersebut, Ustaz Yusuf Mansur membeberkan kebaikan ketika nggak mudik di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

"Kok bisa tidak mudik bisa dapat pahala Lailatul Qadar? Pahala kemudian sepuluh hari dan malam terakhir Ramadhan," ucapnya seolah mewakili pertanyaan publik atas pernyataannya di awal.

"Karena itu kan pengorbanan, pengorbanan perasaan dan dia juga adalah penyelamat, penyelamat diri, keluarga dan orang-orang di kampung. Dan itulah ibadah tertinggi," paparnya.

Lebih lanjut, Ustaz Yusuf Mansur menyarankan tidak mudik dengan embel-embel Lailatul Qadar.

"Jadi jangan mudik, dan dapatkan Lailatul Qadar dengan cara yang sederhana seperti itu," tegasnya.

Dia juga mendoakan agar yang nggak mudik dapat pahala dan nanti rejekinya sekian mudik ke depan ditarik ke depan.

Sambil mengunggah video itu, Ustaz Yusuf Mansur kembali menjelakan mengapa sampai dirinya bisa berkata seperti di atas.

Menurutnya, di Islam apa saja bisa jadi ibadah dan amal saleh. Termasuk hal-hal sederhana asalkan diniatkan untuk ibadah.

"Nah, apalagi MUDIK dan GA MUDIK. Jika GA MUDIK itu diniatkan krn Allah. Buat ngejaga keselamatan diri, keluarga, lingkungan, misalnya… Maka ayo, jadiin ibadah dan amal saleh. Spy ga bernilai: Dunia saja," tulisnya di postingan Instagram.

"Islam dan AjaranNya, LUWES, asli. Jangan justru kita yg KAKUIN. Asyik2 aja. Dan asyik banget. Top. Malah rugi bagi yang MUDIK dan TIDAK MUDIK, lalu tidak menjadikan 2 hal besar ini, ibadah dan amal saleh. Rugilah. Doa ga mesti hrs related dengan pekerjaan… Misal, saat MUDIK dan TIDAK MUDIK udah dijadiin ibadah dan amal saleh, boleh koq minta jodoh, anak, lunas utang, sehat, haji, dll doa. Termasuk tadi: Lailatul Qadar, sebagai doa," jelasnnya lagi.

Sayangnya ceramah Ustaz Yusuf Mansur itu menuai pro kontra. Ada yang mengaku adem mendengarnya, tapi ada juga yang protes.

"Masyaallah, kata-kata yang menyejukkan hati trimakasih ustadz," komentar netizen.

"Saya gk setuju pak…. Kalau masalah mudik dilarang," timpal yang lain.

"Darimana pula referensi antum menyamakan pahala tidak mudik setara dengan pahala Malam Lailatul Qadar? Kadang2 antum suka melawak sy lihat," tulis akun lainnya.

Related

News 2812785992975427013

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item