Dari Jeff Bezos sampai Bill Gates, Ini Daftar Perceraian 'Termahal' Dunia


Naviri Magazine - Pendiri Microsoft Corporation, Bill Gates memutuskan bercerai dari sang istri Melinda Ann French. Ia mengumumkan perceraian setelah 27 tahun berada dalam ikatan pernikahan.

Bill (65) dan Melinda (56) mengutarakannya langsung di Twitter pribadi @BillGates pada Senin (4/5/2021). Namun sayangnya alasan ia bercerai tak dipaparkan.

"Setelah pemikiran panjang dan upaya dalam hubungan kami, kami membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan," tulis mereka.

Meski demikian, mereka mengaku akan melanjutkan pekerjaan di Bill & Melinda Gates Foundation, badan amal keduanya. Bill & Gates Foundation mendanai sejumlah program- di antaranya kesehatan global, kesetaraan gender, dan pendidikan.

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama yayasan," tulis keduanya lagi.

Perpisahan keduanya juga digadang-gadang menjadi perceraian termahal di abad ke 21. Menurut Forbes, Bill Gates adalah orang terkaya ke-4 dunia dan memiliki aset sebesar US$130 miliar (Rp 1.885 triliun).

Tak hanya itu, perceraian Bill-Melinda juga merupakan kasus perceraian terbesar kedua di kalangan orang terkaya dunia. Sebelumnya perpisahan Jeff Bezos dan MacKenzie Scott sempat membuat heboh pada 2019.

Berikut daftar perceraian para miliarder terbesar yang pernah tercatat, sebagaimana dilansir dari Forbes.

Jeff Bezos dan MacKenzie Scott (US$ 35 miliar)

Pasangan itu bertemu saat keduanya bekerja di hedge fund D.E. Shaw di New York. Setelah mereka pindah ke Seattle, MacKenzie membantu Jeff mengembangkan Amazon.

Pada April 2019, mereka mengumumkan perceraian mereka dan MacKenzie menerima sekitar 4% dari saham Amazon yang beredar, senilai lebih dari US$ 35 miliar pada 2019 ketika penyelesaian diumumkan.

Sementara Jeff memegang semua perusahaan roket Blue Origin dan Washington Post. Setelah perceraian diselesaikan, MacKenzie, yang mengubah nama belakangnya menjadi Scott pada 2020 dan menikah lagi pada Maret 2021, menjadi wanita terkaya ketiga di dunia.

Bill and Sue Gross (US$ 1,3 miliar)

Perpisahan Bill dan Sue Gross mencetak miliarder baru. Sue mengajukan gugatan cerai pada 2016 dari suaminya, pendiri manajer aset Pimco, dan dia pergi setahun kemudian dengan kekayaan US$ 1,3 miliar.

Sue berhasil mendapatkan harta gono-gini termasuk rumah Laguna Beach senilai US$ 36 juta dan lukisan Picasso tahun 1932 "Le Repos" yang kemudian dijual seharga US$ 35 juta.

Sementara Bill mencoba bertahan dengan salah satu dari tiga kucing peliharaan mereka, Sue akhirnya mendapatkan hak asuh atas mereka semua. Bill kehilangan tempatnya di The Forbes 400 pada 2018 setelah 14 tahun berturut-turut dalam daftar tersebut. Keduanya sekarang menjalankan badan amal mereka sendiri.

Steve dan Elaine Wynn (US$ 850 juta)

Salah satu pendiri raksasa casino Wynn Resorts bercerai untuk kedua kalinya pada tahun 2010. Perceraian itu membuat Elaine, anggota dewan Wynn Resorts sejak 2002, menerima 11 juta saham bernilai sekitar US$ 795 juta.

Steve juga menjual sekitar US$ 114 juta saham tahun itu. Dia kemudian menggugat Wynn Resorts pada tahun 2012 untuk menjual sebagian dari 9% sahamnya dan dikeluarkan dari dewan tiga tahun kemudian di tengah pertempuran proxy yang memburuk.

Setelah Steve mengundurkan diri sebagai CEO dan ketua pada Februari 2018 di tengah tuduhan pelecehan seksual yang dia bantah, dia menjual semua sahamnya. Elaine, yang sekarang bernilai US$ 2,3 miliar, adalah pemegang saham individu terbesar di Wynn Resorts.

Harold Hamm dan Sue Ann Arnall (US$ 975 juta)

Setelah tiga tahun proses pengadilan yang pahit, taipan minyak Harold pada tahun 2015 mencoba untuk mengakhiri pernikahan 26 tahun dengan Sue Ann (tanpa pranikah) dengan menulis cek sebesar US$ 974.790.317,77 dari rekening Morgan Stanley-nya.

Namun Harold kemudian berubah pikiran, memutuskan dia menginginkan lebih dan mengajukan banding mencari bagian yang lebih besar dari kekayaan US$ 13,7 miliar yang terkait dengan kepemilikan Hamm sebesar 75% di Continental Resources, yang diperdagangkan secara publik.

Pada bulan April 2015, Mahkamah Agung Oklahoma mengakhiri saga tersebut, mengabulkan mosi Harold untuk membatalkan bandingnya, dengan alasan dari preseden bahwa Sue Ann telah menyetujui penyelesaian tersebut dengan menandatangani dan menyerahkan cek. Sue Ann kemudian mendanai komite aksi politik yang berhasil menggulingkan hakim yang memimpin perceraian.

Roy E. dan Patricia Disney (US$ 600 juta)

Roy dan istrinya mengajukan gugatan cerai pada tahun 2007 masing-masing pada usia 77 dan 72 tahun, setelah 52 tahun menikah. Roy, keponakan Walt Disney, memiliki kekayaan sekitar US$ 1,3 miliar pada saat itu.

Sebelumnya ia menjadi andalan Forbes 400, tetapi kehilangan hampir setengah dari kekayaannya dalam perceraian tersebut dan dikeluarkan dari daftar tersebut. Pada 2008, ia menikah dengan penulis dan produser Leslie DeMeuse dan meninggal setahun kemudian. Sementara Patricia meninggal pada tahun 2012.

Meski sudah bercerai dan meninggal dunia, sebuah yayasan keluarga dengan aset US$ 122 juta (per 2018) dengan kedua nama mereka masih tetap mendukung penyebab lingkungan dan ekonomi.

Related

News 8719643676737591536

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item