Ingin Kaya dengan Investasi Halal dan Menguntungkan? Ini Caranya


Naviri Magazine - Sejak kecil, sebagian kita diajari bahwa menabung pangkal kaya. Namun, ternyata menabung tidaklah cukup, sehingga investasi bisa jadi pilihan. 

Menabung adalah menyimpan uang untuk masa depan, tetapi ada inflasi atau kenaikan harga barang yang bisa menggerus nilai uang kita. Makanya, investasi dibutuhkan untuk melawan inflasi. 

Sementara itu, investasi adalah menanam modal dalam aset investasi, dengan harapan nilainya akan naik di masa depan. Reksadana adalah salah satu investasi keuangan yang bisa dipilih bagi pemula. 

Reksadana adalah kumpulan dana investor yang dikelola oleh manajer investasi untuk dimasukkan ke dalam aset-aset keuangan, seperti saham, obligasi dan pasar uang. Reksadana adalah investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Apakah investasi reksadana halal? 

Seiring dengan perkembangan industri, kini sudah ada investasi reksadana syariah yang sesuai dengan prinsip Islami. Reksadana syariah adalah reksadana yang portofolionya hanya ditaruh di aset-aset yang sesuai syariah, dan masuk dalam Daftar Efek Syariah dari OJK. 

Jadi, imbal hasil atau keuntungan reksadana syariah ini datangnya bukan dari riba. Selain itu, reksadana syariah sudah mendapatkan opini syariah alias fatwa halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), sehingga tidak perlu diragukan kehalalannya. 

Bagaimana keuntungan reksadana syariah bisa membuat kaya dengan cara halal? 
Kita bisa mengumpulkan uang dengan modal yang sedikit tetapi rutin, dan dalam jangka panjang bisa menuai hasil yang besar. Contohnya adalah dengan berinvestasi di reksadana saham syariah. 

Misalnya, mulai lima tahun lalu, kita bisa menyisihkan Rp1 juta rutin tiap bulan untuk investasi reksadana saham. Dalam lima tahun, uang pokok atau modal kita sebesar Rp60 juta. 

Ternyata, hasilnya akhirnya tidak hanya segitu. Karena ada imbal hasil dari pertumbuhan aset reksadana syariah, nilai investasi kita sekarang sudah mencapai Rp86,94 juta. Artinya ada pertumbuhan Rp26,94 juta atau 44,9 persen dari modal yang ditanamkan. 

Hasil investasi reksadana syariah ini selain halal, juga sudah bersih karena tidak dipotong pajak dan biaya administrasi lagi. Bila kita punya tujuan keuangan dalam jangka panjang, reksadana saham syariah bisa jadi pilihan.

Sebagai catatan, simulasi ini berdasarkan kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja masa depan. Hasil investasi reksadana saham syariah di masa depan bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah daripada simulasi ini. 

Perlu diingat juga, reksadana saham memiliki risiko fluktuasi dalam jangka pendek. Sehingga, reksadana saham disarankan untuk investor dengan profil risiko tinggi (agresif) dan jangka waktu investasi panjang di atas lima tahun. 

Related

Tips 5206945438665103110

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item