Ini 7 Pertanyaan Seputar Sheet Mask yang Sering Ditanyakan, dan Jawabannya


Naviri Magazine - Sheet mask adalah salah satu jenis masker wajah yang paling diminati. Saking populernya, berbagai produsen berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen. Tak hanya praktis dan mudah dipakai, pemakaian sheet mask secara rutin dipercaya dapat membuat wajah terlihat glowing.

Apakah kamu salah satu pengguna setiap sheet mask? Atau baru ingin memulainya? Berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar sheet mask yang sering ditanyakan. Simak sampai habis, ya!

Apakah benar pakai sheet mask akan membuat wajah tampak glowing?

Dilansir Byrdie, sheet mask dapat mencerahkan kulit, membantu proses penyembuhan jerawat, hingga melembapkan kulit kering. Hal ini tergantung kandungan essence sheet mask yang kamu pilih.

Sheet mask mampu bekerja dengan mendorong essence untuk lebih masuk ke dalam pori-pori wajah. Namun, sheet mask merupakan satu bagian dari rangkaian perawatan kulit. Untuk mendapatkan kulit glowing yang diinginkan, kamu tidak bisa cuma mengandalkan jenis masker wajah ini.

"Untuk perawatan kulit, saya memberi tahu kepada semua pasien saya bahwa prioritas perawatan kulit ialah cleanser, tabir surya harian, dan pelembap. Akan tetapi, sheet mask dapat menjadi pelengkap rutinitas perawatan kulit yang baik," kata Shilpi Khetarpal, M.D., seorang dermatolog di Amerika Serikat (AS) seperti dikutip di Cleveland Clinic. 

Bolehkah pakai sheet mask setiap hari?

Dilansir Metro, penggunaan masker wajah sebaiknya hanya digunakan sekali atau dua kali dalam seminggu. Ini karena beberapa kandungan dalam sheet mask dapat membuat kulit mudah iritasi, terutama bagi pemilik kulit berjerawat. 

Sheet mask bukan rangkaian perawatan kulit sehari-hari, layaknya cleanser, toner, atau pelembap. Namun, jika kamu ingin menggunakan sheet mask setiap hari, pastikan produk yang kamu pilih tidak mengandung asam glikolat yang bisa membuat kulit iritasi bila dipakai setiap hari.

Amankah sheet mask untuk semua jenis kulit?

Walaupun banyak produsen yang menyasar produk maskernya untuk tipe kulit tertentu atau bahkan semua jenis kulit, tetapi nyatanya sheet mask sangat cocok untuk para pemilik kulit kering karena kemampuan hebatnya dalam melembapkan kulit.

Sayangnya, bila kamu punya masalah jerawat, penggunaan sheet mask sebaiknya dipertimbangkan lagi.

"Penggunaan sheet mask dapat meningkatkan suhu kulit yang akan menambah jumlah bakteri di permukaan kulit, sehingga menyebabkan jerawat," kata Debbie Palmer, D.O., seorang ahli dermatologi di New York, AS, seperti dikutip di Women's Health.

Ia juga mengatakan bahwa kandungan seperti putih telur atau minyak kelapa juga dapat menyumbat pori-pori wajah yang akan berisiko terhadap pembentukan jerawat. Jadi, penting untuk memperhatikan kandungan dalam sheet mask yang sedang kamu pakai, ya.

Sheet mask apa yang cocok untukku?

Ingin mendapatkan manfaat optimal dari sheet mask? Kamu perlu untuk menyesuaikan antara kandungan serum atau essence darisheet mask dengan tipe kulitmu.

Dilansir Cleveland Clinic, berikut ini kandungansheet mask yang sesuai dengan kondisi kulitmu: 
  • Kulit kering: gunakan masker yang mengandung hyaluronic acid
  • Kulit berminyak: gunakan masker yang mengandung asam salisilat
  • Untuk menghilangkan garis halus di kulit: pilihlah masker yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, resveratrol, dan asam ferulic
  • Kulit yang berjerawat: asam salisilat dan asam alfa hidroksi (AHA)
  • Kulit yang kemerahan: masker yang mengandung niacinamide

Masih ada sisa essence dari sheet mask, baiknya diapakan?

Daripada membuang sisa essence masker yang masih banyak, lebih baik kamu manfaatkan untuk dipakai di bagian tubuh lainnya, seperti leher, kaki, tangan, atau bagian tubuh yang terasa kering.

Sisa essence juga bisa kamu tuangkan ke kapas dan menaruhnya di bawah mata untuk membantu masalah mata panda.

Namun, jangan menyimpan sisa essence dari sheet mask terlalu lama karena berisiko menimbulkan tumbuhnya bakteri dan jamur yang malah akan menyebabkan iritasi kulit atau timbulnya masalah kulit lain.

Lebih baik pakai sheet mask pada pagi atau malam hari?

Tidak ada aturan waktu khusus untuk kapan sebaiknya kamu menggunakansheet mask. Semua itu kembali lagi pada kebutuhan dan preferensi.

Banyak yang memilih menggunakannya pada malam hari agar kulit wajah terasa lembap saat bangun tidur. Sementara itu, sebagian lainnya lebih senang menggunakan sheet mask pada pagi atau siang hari sebelum merias wajah.

Baik pagi, siang, sore, atau malam, tidak ada perubahan yang signifikan, sheet mask bisa dipakai kapan pun. Namun, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dulu sebelum memakainya, ya!

Menaruh sheet mask di kulkas sebelum dipakai, apa manfaatnya?

Meskipun manfaat menyimpan sheet mask di kulkas hanya untuk memberikan sensasi dingin saat menggunakannya, tetapi sensasi dingin ini bisa memberi efek yang lebih menenangkan untuk kulit dibanding yang tidak disimpan di kulkas. Kamu bisa menaruh masker di kulkas selama 30 menit sebelum digunakan.

Demikianlah beberapa pertanyaan seputar sheet mask yang sering ditanyakan. Sudah tercerahkan, ya? Untuk mendapat manfaatnya yang optimal, sesuaikan produk dengan tipe kulit dan kombinasikan dengan rangkaian perawatan lainnya. 

Jangan lupa juga untuk merawat kulit dari dalam lewat pola makan sehat bergizi seimbang, tidak merokok, olahraga rutin, istirahat cukup, dan kelola stres dengan baik, ya!

Related

Tips 18964729657509929

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item