Kasus Covid Masih Tinggi, Jepang Terpaksa Perpanjang Keadaan Darurat


Naviri Magazine - Pemerintah Jepang memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat Covid-19 di Tokyo dan tiga daerah lainnya selama tiga minggu atau hingga akhir Mei mendatang, yakni Osaka, Hyogo dan Kyoto. Semula, pembatasan akan berlangsung hingga 11 Mei.

Selain itu wilayah Aichi dan Fukuoka mulai 12 Mei hingga 31 Mei mendatang. Langkah ini demi menekan peningkatan kasus Covid-19.

"Kami perlu menjaga kewaspadaan yang kuat dan mengambil langkah lebih lanjut" kata Perdana Menteri Yoshihide Suga pada konferensi pers setelah menyelesaikan keputusan pada pertemuan gugus tugas dilansir dari Kyodo News.

Restoran dan bar dilarang menyajikan alkohol atau menawarkan layanan karaoke dan harus tutup sebelum jam 8 malam. dengan denda hingga 300.000 yen ($ 2.750) untuk ketidakpatuhan. Bisnis didorong agar karyawan bekerja dari rumah.

Pemerintah akan melonggarkan beberapa pembatasan untuk mengurangi dampak terhadap bisnis. Mulai Rabu, fasilitas komersial besar seperti department store dan bioskop akan diizinkan untuk dibuka kembali, meskipun mereka juga akan diminta untuk tutup pada jam 8 malam.

Larangan penonton di pertandingan olahraga dan konser akan diganti dengan batasan 5.000 orang atau 50 persen dari kapasitas tempat, dengan acara harus berakhir pada jam 9 malam.

Selain itu, pemerintah akan memperkuat pembatasan terhadap warga negara Jepang dan warga asing di negara yang datang dari India.

Jumlah kematian akibat virus korona harian mencapai rekor 148 pada hari Jumat, dengan jumlah kasus baru secara nasional mencapai 6.000, terbesar sejak pertengahan Januari.

Menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, setidaknya 1.131 pasien COVID-19 berada dalam kondisi serius, juga rekor tertinggi dan memicu kekhawatiran akan ketegangan lebih lanjut pada sistem perawatan kesehatan.

Related

News 7934718744190121920

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item