Penting dan Perlu Tahu, Ini 5 Fitur Keselamatan yang Wajib Ada di Mobil


Naviri Magazine - Apakah kamu ingin membeli mobil baru? Jika ya, kamu perlu memerhatikan banyak hal, seperti kondisi mobil, spesifikasi, dan tentu saja fitur keselamatan yang terdapat pada mobil tersebut.

Sebab sebuah mobil harus dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni. Tujuannya agar melindungi pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Untuk itu, yuk simak fitur-fitur keselamatan yang terdapat pada mobil berikut ini.

1. Airbag

Fungsi dari kantung berisi udara menghindari benturan langsung dengan dashboard mobil jika terjadi kecelakaan. Fitur yang satu ini sangat penting bagi keselamatan nyawa seseorang.

Saat ini semua mobil sudah dilengkapi dengan airbag. Semakin banyak airbag yang disediakan, maka mobil tersebut semakin aman dikendarai. Contohnya Toyota Yaris terbaru yang menyediakan 7 airbag sekaligus.

2. Sabuk pengaman

Pasti kalian sudah mengerti fungsi dari sabuk pengaman atau yang biasa kita kenal sebagai seat belt, bukan? Selain airbag, sabuk pengaman adalah fitur yang vital untuk menahan tubuh kamu agar tidak terlempar saat terjadi kecelakaan.

Maka dari itu, kamu harus selalu menggunakan sabuk pengaman setiap berkendara, ya. Selain itu, sabuk pengaman terbaru sudah dilengkapi dengan pretensioner dan load limiter untuk menahan tubuh saat terjadi hentakan.

3. Anti-lock Braking System

Fitur yang satu ini tidak kalah penting, karena akan membantu kita saat melakukan pengereman mendadak, sehingga kendali mobil akan lebih mudah. Hal itu karena mobil yang melaju dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak akan sulit dikendalikan. 

Jika mobil tidak dilengkapi dengan fitur ABS, maka kendali mobil saat melakukan pengereman mendadak akan sulit.

4. Electronic Stability Control (ESC)

Electronic Stability Control (ESC) adalah fitur keselamatan pada mobil yang akan mencegah pengemudi kehilangan kontrol saat berkendara. Bila pengemudi kehilangan kontrol, ESC secara otomatis akan aktif untuk mengarahkan mobil kembali pada jalur (lane). Fitur ini terbukti telah mengurangi kecelakaan kendaraan hingga 50 persen. 

5. Blind Spot Monitoring

Blind Spot Monitoring (BSM) adalah fitur keamanan yang mendeteksi objek di sekitar mobil. Jika ada kendaraan yang mendekati salah satu blind spot, maka sistem peringatan akan menyala yang ditandai dengan kedipan lampu atau sistem peringatan suara.

BSM dapat membantu pengemudi untuk menjaga jarak pandang. Ini fitur yang penting, karena mobil memiliki titik buta dimana pengemudi tidak bisa melihat daerah atau spot tertentu menggunakan kaca spion.

Related

Automotive 1418121286526197191

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item