Luhut Klaim RI Akan Punya Kawasan Hijau Terbesar di Dunia


Naviri Magazine - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengklaim Indonesia akan mempunyai kawasan industri hijau terintegrasi dan terbesar di dunia. Kawasan itu akan berada di Kalimantan Utara dengan luas mencapai 12.500 hektare (ha).

Luhut mengatakan kawasan industri itu akan didukung oleh sumber energi hijau dari pembangkit listrik tenaga air atau hydropower. Nantinya, tenaga kelistrikan yang dapat dihasilkan mencapai 11 ribu MegaWatt (MW).

"Kita akan memiliki integrated industry berbasiskan hydropower di Kalimantan Utara. Ini adalah satu integrated industry yang mungkin paling besar di dunia," imbuh Luhut seperti dikutip dari Antara.

Tak hanya menghasilkan sumber energi hijau, Luhut menyebutkan kawasan ini akan membuat Indonesia mampu mencapai target transformasi energi dari fosil ke energi baru terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan.

"Kita berharap groundbreaking akan bisa dilakukan tahun ini. Transisi dari energi fosil ke energi baru dan terbarukan (EBT) menjadi prioritas kita," jelasnya.

Nantinya, pengembangan sumber EBT sekaligus energi hijau akan diterapkan di daerah-daerah lain di Tanah Air. Dengan begitu, Indonesia bisa mencapai target penurunan emisi menjadi nol alias bebas karbon pada 2060.

"Dunia juga sekarang mengarah ke situ. Pemerintah berkomitmen memanfaatkannya guna melistrikkan industri produk hijau yang tengah kita kembangkan di berbagai daerah di Indonesia," pungkasnya.

Related

News 6098548059266920417

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item