Mengenal Kucing Siam dan Panduan Memeliharanya


Naviri Magazine - Ingin menjadikan kucing siam sebagai salah satu binatang peliharaan di rumah Anda? Kucing siam terdiri dari tiga jenis, yaitu Siam Seal Point, Siam Blue Point, dan Siam Pink Point. 

Siam Seal Point adalah kucing siam dengan bulu berwarna putih tetapi pada bagian tertentu seperti kaki dan ekor berwarna coklat. Adapun Siam Pink Point memiliki bulu berwarna putih dengan bagian mulut serta hidung berwarna pink atau merah muda. Seperti kucing jenis lainnya, kucing siam juga dapat bertahan hidup hingga usia 15 tahun.

Ciri khas lain yang terdapat pada kucing siam adalah kegemaran kucing tersebut akan kebersihan. Kucing siam lebih pembersih dibanding kucing lain dan tidak pernah mengganggu meskipun dekat dengan seseorang yang sedang makan ikan atau daging. Kucing siam juga cenderung pendiam.

Cara memelihara dan merawatnya pun tidak terlalu sulit karena kunci utamanya adalah hanya kebersihan. Maka dari itu, memelihara kucing siam berarti harus rajin memandikannya. Paling tidak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore. 

Agar bulu dan badannya tetap terawat, setiap akhir pekan harus dimandikan dengan menggunakan air hangat. Selesai mandi, air yang melekat pada bulu-bulunya dikeringkan dan kemudian dibasuh dengan baby oil agar wangi.

Soal makanan, bisa diberikan makan pagi dan sore dengan menu Cat Chow serta air putih karena jika diberi susu bisa membuatnya cepat gemuk. 

Untuk menjaga kesehatannya, sebaiknya kucing siam diperiksakan ke dokter hewan secara teratur dan berkala. Untuk menghindari penyakit, kucing siam tidak boleh dicampur dengan kucing kampung yang cenderung kotor dan berkutu karena kehidupan kucing kampung yang buruk.

Related

Tips 4428534328292705393

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item