Misteri Suara Adzan yang Didengar Astronot di Luar Angkasa


Naviri Magazine - Ramadan 2007 menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Sheikh Muszaphar Shukor. Kala itu, ia menjalankan ibadah puasa, salat, membaca Alquran di luar Bumi.

Astronot Malaysia itu menunaikan misi ke luar angkasa pada 10 Oktober 2007, dengan menumpang pesawat luar angkasa Rusia, Soyuz.

Ia menaiki Soyuz TMA-11 bersama dua angkasawan lain Yuri Malenchenko (Rusia) dan Peggy Whitson (AS).

Sheikh Muszaphar melakukan percobaan terkait karakteristik dan perkembangan sel-sel kanker hati dan leukemia, serta kristalisasi berbagai protein dan mikroba pada gravitasi rendah.

Dia juga tercatat sebagai ilmuwan muslim pertama yang berhasil menjalankan ibadah puasa di luar angkasa pada tahun tersebut.

Di dalam pesawat yang penuh sesak dengan peralatan dan instrumen, dalam kondisi melayang di udara, Sheikh Muszaphar menjalankan salat 5 waktu, membaca Alquran, dan mengumandangkan takbir.

Dokter sekaligus model ganteng paruh waktu asal negeri jiran itu juga merayakan Lebaran di sana dengan membagikan sate dan kue-kue untuk rekan-rekannya di ISS. Dengan bumbu yang tak terlalu tajam, agar para astronot dan kosmonot lain doyan memakannya.

Satu hal ganjil yang dialami sendiri oleh Sheikh Muszaphar adalah sebuah keajaiban. Sayup-sayup dia mendengar lantunan suara azan. Padahal tempat tersebut tidak ada satu orangpun di lokasi tempat dia mendengar adzan.

“Selama perjalananku yang bertepatan dengan Ramadan, aku seperti mendengar suara azan di Stasiun Luar Angkasa Internasional,” kata dia dalam wawancara eksklusif dengan Anadolu Agency (AA). “Setiap orang yang berkesempatan ke luar angkasa akan merasakan sebuah keajaiban.”

“Tapi aku mendengar panggilan itu secara fisik, nyata. Anda mungkin tak akan terkejut jika mendapat pengalaman seperti saya ketika berada di luar angkasa, saat Anda merasa begitu dekat dengan Allah di setiap detiknya.” Terangnya.

Sayangnya keajaiban tersebut tidak bisa dinikmati astronot lain yang juga mengangkasa bersamanya.

Related

Mistery 2704481448537632271

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item