Perlu Tahu biar Hati-hati, Ini 10 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Perlu Tahu biar Hati-hati, Ini 10 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Honey Bee - Index Pain 2.0

Banyak orang yang menanyakan, seberapa sakit sih sengatan lebah madu? Diketahui sebagai salah satu hewan bermanfaat karena dapat menghasilkan madu, lebah memiliki cara bertahan diri dengan cara menyengat. 

Sayangnya, karena duri sengat mereka tersambung dengan bagian dalam organ perutnya, begitu mereka menyengat, lebah madu akan mati segera setelah mencabut duri sengatnya.

Membahas seberapa sakit sengatan dari lebah madu. Lebah madu masuk peringkat 5 dalam daftar serangga dengan sengatan paling mematikan, dengan index 2.0. Beruntungnya bagi manusia, lebah sangat berbeda dengan tawon dan hornet. Lebah hanya akan menyengat bila mereka benar-benar dalam kondisi terancam.

Red Harvester Ant - Index Pain 3.0

Dari sekian banyak jenis semut, semut harvester adalah semut dengan sengatan paling mematikan kedua dari semua semut yang ada. Dirinya kalah dengan semut peluru yang sengatannya seperti ditembak peluru. Lalu, apakah berarti sengatan dari semut ini tidak menyakitkan? Tidak menurut Schmidt.

Berdasarkan index Schmidt, semut harvester memiliki skor sengatan 3.0. Yang artinya, semut ini adalah serangga dengan sengatan paling menyakitkan nomor 4 di dunia. Semut harvester memiliki kepala yang nyaris berbentuk kotak, tubuh panjang, berwarna merah, dan tidak memiliki tulang belakang.

Paper Wasp - Index Pain 3.0

Di urutan 3 besar serangga dengan sengatan paling menyakitkan di dunia ada nama paper wasp atau tawon kertas. Paper wasp atau umbrella wasp ini memiliki tubuh berwarna coklat dengan sejumlah warna kuning di tubuh dan sayap. 

Dinamakan tawon kertas karena tawon ini menggunakan air liur mereka untuk membuat sarang yang terbuat dari tanaman hingga mirip seperti kertas.

Inilah salah satu jenis serangga yang tidak bisa kalian anggap remeh. Bukan karena tawon bisa menyengat berkali-kali, tapi juga karena satu saja sengatan tawon bisa menyebabkan rasa sakit seperti terbakar. Menurut index Schmidt, tawon kertas mendapatkan skor 3.0 atas efek terbakar yang disebabkan oleh sengatan tawon kertas.

Tarantula Hawk - Index Pain 4.0 

Laba-laba tarantula saja bisa membuat semua orang bergidik, apalagi jika mereka mendengar ada tawon yang bisa membunuh tarantula. Tarantulah hawk, begitulah nama yang diberikan untuk tawon ini karena mereka adalah jenis tawon yang dapat mengalahkan dan membunuh tarantula. Jika tarantula saja takut bertemu dengan tawon jenis ini, maka sudah sepatutnya kalian juga takut.

Memiliki tubuh hitam dengan sayapnya yang berwarna coklat terang, tarantula hawk memiliki kaki panjang dengan cakarnya yang berbentuk seperti pengait. Sengaja didesain untuk membuat mangsanya tidak bisa lari darinya. 

Sengatan dari tarantula hawk sangatlah menyakitkan, rasanya seperti disetrum listrik dan mampu membuat orang terbujur kaku. Sengatan mematikannya tersebut diberi skor 4.0.

Bullet Ant - Index Pain 4.0+

Dari semua serangga di dunia dan juga semua semut yang ada, semut peluru atau bullet ant adalah semut sekaligus serangga dengan sengatan yang paling menyakitkan di dunia. Rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan semut ini diperkirakan mirip seperti ditembak peluru atau sama seperti tumit yang tertancap paku panas sepanjang 3 inci.

Menurut index Schmidt, rasa sakit dan efek terbakar yang disebabkan oleh semut peluru ini sangatlah intens. Membuat semut ini mendapatkan skor 4.0+. Karena rasa sakit yang diibaratkan sama seperti ditembak peluru, tidak banyak orang yang mau disengat oleh serangga satu ini. Diketahui, efek sengatan semut peluru bisa bertahan lebih dari 24 jam.

Related

Science 4707730621760129981

Recent

item