Perlu Tahu, Ini 10 Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Petugas Imigrasi (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Perlu Tahu, Ini 10 Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Petugas Imigrasi - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Adakah Teman atau Keluarga di Sana?

Pihak imigrasi, dalam mempertimbangkan proses pengurusan paspor, akan menanyakan banyak hal pada kalian. Segala hal akan ditanya termasuk keluarga dan teman. Ketika kalian memang sengaja membuat paspor untuk pegi ke suatu negara, pihak imigrasi akan bertanya, apakah kalian punya relasi atau keluarga di sana?

Keluarga ataupun teman adalah salah satu bahan pertimbangan penting bagi pihak imigrasi. Jika ternyata teman atau keluarga kalian punya catatan buruk baik di negara asal atau negara tujuan kalian pergi, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kelancaran proses paspor kalian. 

Catatan, jangan berusaha untuk sok kenal dengan teman yang ada di luar sana bila kalian tidak terlalu kenal dekat.

Pergi Bersama Siapa?

Berniat liburan ke luar negeri? Apakah kalian sudah punya paspor? Jika belum, maka kalian harus mengurusnya di kantor imigrasi yang sesuai dengan wilayah kalian. Selain harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan, kalian juga harus mempersiapkan diri jika suatu saat nanti kalian akan ditanya oleh petugas imigrasi.

Pertanyaan yang pasti akan ditanyakan oleh petugas imigrasi adalah, kamu memiliki rencana untuk pergi bersama siapa? Apakah kalian ingin pergi bersama teman atau keluarga? Tidak masalah jika kalian menjawab ingin liburan sendiri atau bersama teman atau keluarga. Biasanya sih petugas imigrasi tidak terlalu memusingkan masalah ini.

Lama Waktu Liburan

Jangan emosi dulu jika kalian mendapatkan banyak pertanyaan dari petugas imigrasi ketika sedang mengurus paspor. Sudah menjadi tugas petugas imigrasi untuk bertanya secara lengkap perihal tujuan kalian memproses paspor. Dan bersiaplah kalian ketika kalian ditanyakan, berapa lama kamu ingin jalan-jalan?

Hal yang sebenarnya bersifat pribadi seperti ini sudah pasti akan ditanyakan oleh petugas imigrasi sebagai bagian dari tugasnya. Apa kalian ingin pergi dalam waktu lama, sebentar atau masih tidak jelas kapan waktu kembali.

Memiliki Rencana Menginap Dimana?

Pertanyaan lain yang paling sering ditanyakan oleh petugas imigrasi adalah, dimanakah rencana kalian tinggal atau menginap? Biasanya pertanyaan ini akan diberikan pada kalian setelah pertanyaan yang pertama yaitu, tujuan kalian pergi, sudah diberikan. Lalu, apakah jawaban yang harus diberikan?

Untuk pertanyaan satu ini, jika kalian masih belum memutuskan untuk tinggal dimana, katakan saja belum, Jika sudah ada, ya katakan saja kalian akan menginap di hotel atau tempat lain yang akan menjadi tempat kalian menginap.

Kemana Kamu Pergi?

Inilah pertanyaan yang paling sering ditanyakan dan sudah pasti harus kalian jawab. Ketika membuat paspor, sudah pasti tujuan kalian pasti akan pergi ke suatu negara. Petugas imigrasi pun pasti akan menanyakan pada kalian, kemanakan tujuan kalian akan pergi?

Kalian bisa saja menjawab negeri X atau menjawab tidak tahu akan pergi kemana. Apakah tidak bermasalah bila menjawab masih tidak tahu harus pergi kemana? Jawabannya adalah tidak apa-apa. Bilang saja memang kalian belum memiliki rencana untuk bepergian, namun memang sengaja membuat paspor sekarang ini untuk berjaga-jaga.

Related

Indonesia 6436272136881563632

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item