Sembelit dan Nyeri Punggung Ternyata Bisa Jadi Gejala Kanker Paru


Naviri Magazine - Kanker paru adalah masalah kesehatan serius, bahkan penyebab kematian. Sayangnya, tanda dan gejala sering tak terdeteksi dini. Lebih buruk lagi, ada gelaja-gejala yang di luar perkiraan, termasuk nyeri punggung dan kehilangan keseimbangan.

Biasanya kanker paru baru terdiagnosis ketika stadium sudah lanjut sehingga pengobatan pun semakin sulit. Bila khawatir ada tanda-tanda kanker ini, segera berkonsultasi dengan dokter.

Di Inggris, sekita 50 ribu orang terdiagnosis kanker paru setiap tahunnya. Salah satu gejalanya adalah batuk yang tak kunjung sembuh. Tapi banyak pula gejala yang tak muncul sampai kanker sudah menyebar ke seluruh tubuh. Berikut tanda yang perlu diwaspadai, dilansir dari Express.

Nyeri punggung

Nyeri punggung atau bahu adalah gejala umum kanker paru, biasanya disebabkan oleh jenis kanker tertentu yang disebut tumor Pancoast. 

Jenis kanker ini berkembang di bagian atas paru-paru, biasanya menyebar ke rusuk, saraf, atau tulang belakang. Bila kanker paru menyebabkan nyeri punggung, biasanya terjadi di bagian atas punggung.

Sembelit

Sekitar 15 persen pasien kanker paru memiliki kadar kalsium berlebih, kondisi yang disebut hiperkalsemia. Hal ini sering menyebabkan sakit perut dan mual, dan pasien pun sering malas makan atau minum. 

Gejala hiperkalsemia lainnya adalah sembelit, dan sering terkait dengan kanker paru. Biasanya sembelit disertai kram perut dan mual tanpa sebab.

Masalah keseimbangan

Kanker paru juga mempengaruhi sistem saraf dan dampaknya pada keseimbangan. "Sel kecil kanker paru mungkin memberi tahu sistem imun untuk menyerang sistem saraf, yang kemudian mempengaruhi kerja otot," jelas situs Web MD.

"Akibatnya orang susah berdiri setelah duduk, atau berdiri dengan tak stabil," lanjutnya. "Anda juga bisa merasa pusing akibat anemia atau dari vena cava besar, pembuluh besar yang mengalirkan darah dari kepala ke jantung, bila di dalamnya penuh tumor di bagian atas paru-paru."

Wajah bengkak

Beberapa penderita kanker paru mengalami wajah, leher, dan lengan bengkak. Penyebabnya vena cava yang tersumbat tumor sehingga aliran darah terganggu. Akibatnya wajah pun membengkak karena antrian cairan yang mau masuk ke pembuluh darah besar. Beberapa pasien juga mengalami memar di dada.

Related

Health 1833893984032661986

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item