Tips Mengepak Barang Bawaan untuk Bepergian


Naviri Magazine - Perlengkapan perjalanan sangat beragam. Apalagi untuk perjalanan jarak jauh dalam waktu relatif lama. Seringkali Anda tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan barang bawaan. Saat terburu-buru mengepak barang, seringkali ada perlengkapan yang tertinggal. 

Celakanya, barang itu baru teringat dalam perjalanan atau justru setelah sampai di tujuan. Tips berikut ini setidaknya dapat membantu Anda sebelum memulai suatu perjalanan:

Buatlah daftar barang yang akan Anda bawa dan takarlah dengan tas yang akan Anda gunakan. Dengan daftar ini, kemungkinan ada perlengkapan tertinggal bisa dihindari. Daftar ini juga berfungsi untuk mengecek ulang saat Anda hendak kembali ke tempat semula.

Buatlah kelompok barang sesuai dengan jenisnya. Pakaian, keperluan mandi, obat-obatan ringan, alat rias, dan makanan kering, bisa Anda masukkan dalam satu kantong plastik. Jika Anda agak risih (takut bercampur dengan pakaian dalam), sebaiknya makanan dipisahkan. Barang jenis lain diletakkan dalam satu kantong lain pula.

Susunlah kantong plastik itu sesuai dengan isi barang. Kantong plastik berisi pakaian sebaiknya diletakan paling bawah. Selanjutnya, kantong berisi makanan. Sedangkan obat-obatan diletakkan di tempat yang paling atas.

Membungkus barang dalam kantong plastik hanya disarankan bagi Anda yang menggunakan tas ransel terbuat dari kain tembus air. Kantong plastik ini untuk menghindari kemungkinan barang terkena air hujan. Jika Anda menggunakan kopor tahan air, penggunaan kantong plastik tidak disarankan. Ada baiknya susunan barang sama dengan pemakai tas ransel.

Sebisa mungkin siapkan tas pinggang untuk membawa barang kecil yang setiap saat dibutuhkan. Tas ini dapat digunakan untuk tempat kacamata, telepon seluler, uang receh, makanan kecil, ataupun minuman ringan.

Jika Anda melakukan perjalanan bersama teman, sebaiknya beban barang bawaan dibagi rata, terutama yang bisa dipakai bersama.

Related

Traveling 944749129180239828

Recent

item