Tips Seputar Membersihkan Mesin Jahit dan Menajamkan Gunting


Naviri Magazine - Banyak orang yang memiliki mesin jahit di rumah. Ada yang digunakan untuk bekerja membuat baju, ada pula yang menggunakannya untuk keperluan sehari-hari, semisal menambal pakaian yang sobek atau semacamnya. 

Bisa dibilang, mesin jahit selalu berpasangan dengan gunting. Biasanya pula, dalam urusan pakaian, mesin jahit dan gunting juga dilengkapi setrika untuk merapikan pakaian.

Berikut ini adalah tips membersihkan mesin jahit, menajamkan gunting secara mudah.

Tips dan kiat membersihkan mesin jahit

Bila Anda setiap hari menggunakan mesin jahit, entah untuk bekerja atau untuk keperluan pribadi, maka sebaiknya bersihkan mesin jahit Anda, setidaknya sebulan sekali. Cobalah cara berikut ini untuk memudahkan ‘servis’ mesin jahit Anda.

Jika jarumnya telah berkarat, gosoklah dengan air cuka. 

Sekrup-sekrup mesin bisa dibersihkan dengan cara digosok memakai bensin. Bila sulit karena tempatnya terjepit, bisa digunakan kuas kecil dan bulu ayam. Jika karatnya tebal, campurkan air, cuka dan pasir putih untuk menggosoknya.

Cara demikian ini bisa mengefektifkan kerja mesin jahit Anda. Coba saja.

Tips praktis menajamkan gunting

Seringkali kita menjadi jengkel karena tiba-tiba gunting yang kita pergunakan untuk menggunting kain atau kertas menjadi tumpul. Padahal waktu itu kerja kita sedang terburu-buru. 

Menghadapi hal semacam itu, Anda bisa mencoba tips menajamkan gunting yang mudah dilakukan berikut ini.

Caranya, carilah sebuah botol berukuran sedang, lalu tempelkan dua sisi dalam gunting pada leher botol. Gerak-gerakkanlah seperti sedang menggunting leher botol tersebut. Lakukan sekitar sepuluh kali, niscaya gunting Anda akan kembali tajam.

Related

Tips 7836308818850441625

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item