Wah, Rumah Ini Dijual dengan Harga Hanya Rp 17 Ribu, Kok Bisa?


Naviri Magazine - Harga rumah tak pernah murah, pasti minimal ratusan juta rupiah. Bagaimana kalau ada rumah yang harganya setara dengan secangkir kopi ?

Viral sebuah rumah di Italia ditawarkan dengan harga secangkir kopi saja, atau satu Euro, setara Rp17 ribu. Padahal biasanya harga rumah berada di kisaran 100 juta atau lebih sudah terbilang murah.

Pun demikian, ternyata rumah tersebut juga berada di lokasi yang menawarkan suasana alam pantai-pantai pesisir timur yang apik. Bisa menghirup udara segar dan menikmati keindahan negari Italia.

Yups, sebut tepatnya berada di kota tua, lereng Gunung Etna, tepatnya Castiglione di Sisilia, Italia. Tersebut merupakan satu diantara sekitar 900 rumah telantar. 

Sekitar setengahnya rusak dan akan diberi harga simbolis satu Euro. Sisanya dalam kondisi lebih baik, dan akan dijual dengan harga murah, 4.000 Euro–5.000 atau sekitar Rp70 juta–Rp87 juta.

Rumah tersebut dijual murah lantaran merupakan bagian proyek untuk menghidupkan kembali sebuah desa yang populasinya terus menyusut.

Antonino Camarda, Wali Kota Sicilia, menjelaskan populasi desa tersebut telah menyusut dari 14.000 pada awal 1900-an menjadi hampir 3.000 orang saat ini.

“Kami memiliki warisan arsitektur besar yang harus diselamatkan dan dikemas dengan sejarah. Seiring waktu, terlalu banyak orang yang pergi, meninggalkan sekumpulan rumah tua yang indah, bahkan banyak berasal dari zaman Renaisans,” kata Camarda.

Bahkan, ternyata bukan hanya desa tersebut yang menggunakan skema serupa dengan penjualan rumah hanya seharga kopi. Di kota Sisilia, banyak rumah ditawarkan sesuai dengan kondisi. Bahkan ada kemungkinan rumah-rumah tersebut akan dilelang apabila banyak yang berminat.

“Kami telah melakukan studi mendalam dengan mengatalogkan setiap properti berdasarkan peta dan data pendaftaran tanah. Berdasarkan kondisinya, bangunan akan dijual dengan harga yang berbeda, mulai satu Euro,” terang Camarda.

Related

News 5302598045189267136

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item