Banjir Kembali Landa Kota Pekalongan, 16 Kelurahan Terendam


Naviri Magazine - Intensitas hujan ditambah gelombang laut yang tinggi mengakibatkan rob ke permukiman warga di Kota Pekalongan. Akibatnya 16 kelurahan di Kota Pekalongan terendam banjir.

"Penyebab banjir di akhir bulan Januari hingga Februari 2021 di Kota Pekalongan ini ada 3 penyebab yakni dikarenakan limpasan sungai dari hulu yang tinggi, intensitas curah hujan tinggi dan khususnya di wilayah Pekalongan Utara adanya gelombang pasang yang menyebabkan rob," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Pekalongan, Dimas Arga Yudha saat ditemui di Kelurahan Pasirsari Kraton Kramat, Kota Pekalongan.

"Akibat banjir yang kembali terjadi di wilayah Kota Pekalongan, sebanyak 16 kelurahan terdampak banjir," tambahnya.

Dimas mengatakan banjir di Kota Pekalongan tahun ini tidak separah tahun lalu. Menurutnya, pada bulan yang sama di tahun 2020 lalu ada 25 kelurahan yang terdampak banjir sedangkan tahun ini kelurahan yang terdampak banjir lebih sedikit.

"Tahun lalu dari 27 kelurahan, yang terendam itu ada 25 kelurahan. Untuk yang tahun ini, dua hari yang lalu sampai tadi ada 16 kelurahan," katanya.

Dimas mengatkan ketinggian banjir di 16 kelurahan itu bervariasi mulai dari 20-60 cm. Dari 16 kelurahan yang terendam banjir itu, ada 2 kelurahan yang terdampak paling parah yakni Kelurahan Pasirkratonkramat (PKK) dan Kelurahan Degayu.

"Sebagai respons awal setelah memetakan titik banjir, kami melakukan evakuasi warga ke tempat pengungsian yang lebih aman," terangnya.

Data terakhir BPBD Kota Pekalongan per pukul 12.00 WIB hari ini, total pengungsi banjir sebanyak 58 jiwa. Para pengungsi itu 13 orang mengungsi di aula Kelurahan Pasirkratonkramat, 39 orang di aula Kelurahan Degayu, dan enam orang di TPQ Al-Hikmah Dekoro. 

"Tadi kita lakukan evakuasi pada lansia di Pasirsari. Namun tidak dievakuasi ke pengungsian, namun minta diantar mengungsi ke rumah saudaranya di Batang," ucap Dimas.

Sementara itu, salah seorang warga Pabean, Kelurahan Padukuhan Kraton, Pekalongan Utara, Taryono (35) menyebut banjir juga menggenangi daerahnya. Namun, pihaknya belum mau mengungsi.

"Kita belum mengungsi, walaupun air sudah masuk rumah. Kalau sudah tinggi, kita baru mengungsi," kata Taryono.

Berikut rincian 16 kelurahan yang terendam banjir dari data BPBD Kota Pekalongan:

- Kecamatan Pekalongan Barat: Kelurahan Tirto, Kelurahan Pasirsari, Kraton, Kramat (PKK), Kelurahan Pringrejo, Kelurahan Bendan Kergon.

- Kecamatan Pekalongan Utara: Kelurahan Panjang Wetan, Kelurahan Panjang Baru, Kelurahan Kandang Panjang, Kelurahan Padukuhan Kraton, Kelurahan Krapyak, Kelurahan Degayu.

- Kecamatan Pekalongan Timur: Kelurahan Setono, Kelurahan Klego, Kelurahan Poncol, Kelurahan Kauman, Kelurahan Gamer, Kelurahan Baros.

Related

News 1838011438477168054

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item