Fakta di Balik Fenomena Artis dan Pesohor Membeli Klub Sepak Bola (Bagian 1)


Naviri Magazine - Klub sepak bola asal Wales, Wrexham, asing bagi sebagian besar publik Indonesia. Kita lebih familier dengan nama-nama seperti Liverpool, Chelsea, atau Manchester United jika menyebut klub sepakbola seantero Britania Raya. 

Mereka hanya berkompetisi di Liga Nasional atau divisi lima dalam tingkatan liga yang dinaungi oleh FA (Football Association) Inggris. Wrexham juga tidak pernah berhasil menembus kasta tertinggi liga, Premier League, sejak bergulir pada 1992. Namun mereka memiliki basis pendukung setia. 

Ketika untuk pertama kalinya menang dalam drama adu penalti di kompetisi FA Trophy pada 2013, sebanyak lebih dari 35 ribu penonton memadati stadion. Kemenangan Wrexham--yang di mata sebagian orang hanyalah tim pinggiran--sangat berharga bagi orang-orang Wales sendiri. 

“Kesuksesan tim bukan hanya baik bagi Wrexham, tapi juga berita baik bagi sepak bola Wales,” kata First Minister Wales dan pemimpin Partai Buruh, Carwyn Howell Jones, dilansir BBC. 

Di penghujung 2020, Direktur Wrexham Spencer Harris mendapatkan informasi bahwa ada tawaran perubahan kepemilikan. Sejak 2011, Wrexham dikuasai oleh suporter sendiri melalui Wrexham Supporters Trust (WST). Mengingat saat itu mereka sedang mengalami masalah finansial, tidak heran jajaran direktur segera menyetujui dan menandatangani perjanjian tertutup dengan pihak terkait. 

Saat itu mereka belum sadar bahwa investor yang tertarik adalah dua artis Hollywood: pemeran Deadpool Ryan Reynolds dan Rob McElhenney. Sebanyak 2 juta pound sterling telah mereka keluarkan hanya untuk peremajaan stadion dan pembangunan infrastruktur lain. 

Di Indonesia, tren pembelian klub bola ini juga merebak. Para pesohor, artis atau influencer yang awalnya nampak seperti penggemar biasa, berbondong-bondong membeli klub dari berbagai kasta. Atta Halilintar, youtuber dengan jumlah subscriber mencapai 27,6 juta, mengakuisisi saham PSG Pati, klub pendatang baru Liga 2, awal Juni lalu. 

Nama PSG Pati kemudian dipermak ulang menjadi AHHA PS Pati FC. Nama itu merupakan akronim dari Atta Halilintar dan rekannya, Putra Siregar, pemilik PStore. 

Sebelum Atta, ada artis Raffi Ahmad bersama pengusaha Rudy Salim yang membeli klub bola Cilegon United FC dengan nilai lebih dari Rp300 miliar, akhir Mei kemarin. Nama klub bola pun diubah menjadi RANS Cilegon FC yang merupakan akronim dari Raffi Ahmad Nagita Slavina (istri Raffi). 

Kaesang Pangarep tak ketinggalan. Anak Presiden Joko Widodo ini membeli klub asal kota kelahirannya, Persis Solo. 

Jika Raffi, Atta, dan Kaesang bergumul di Liga 2, artis Gading Marten mengakuisisi saham Persikota Tangerang, klub Liga 3, juga awal Juni ini. Pada Mei lalu artis Baim Wong juga dikabarkan ingin membeli klub sepak bola. Namun sampai sekarang belum jelas apa klub yang dia beli. 

Dari Bisnis sampai Politis 

“Wrexham adalah klub tertua ketika di bumi dan kami tidak melihat alasan mengapa klub ini tidak mendunia. Kami ingin Wrexham terkenal,” Reynolds menjelaskan alasannya membeli klub ini. 

Wrexham memang memiliki daya tarik tersendiri. Berdiri pada Oktober 1864, mereka adalah klub sepak bola tertua di Wales dan klub sepak bola profesional ketiga tertua di dunia. Wrexham memegang rekor juara Piala Wales sebanyak 23 kali, unggul dari klub yang pernah mencapai EPL seperti Swansea dan Cardiff City. 

Tentu pernyataan bernada filantropis Reynolds bukan satu-satunya alasan mengapa klub di liga bawah menarik untuk dibeli. Tobias Carroll dalam Insidehook mengatakan, ketika seorang pesohor berinvestasi di klub sepak bola, di atas segala yang dikatakan, investasi adalah alasan yang paling tak dapat dielakkan. Atta Halilintar sendiri mengakui bahwa alasan dia membeli klub bola adalah bisnis. 

Baca lanjutannya: Fakta di Balik Fenomena Artis dan Pesohor Membeli Klub Sepak Bola (Bagian 2)

Related

News 9192507369396872497

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item