Jadi Orang-orang Terkaya Dunia, Elon Musk dan Jeff Bezos Disebut Mengemplang Pajak


Naviri Magazine - Beberapa orang terkaya di dunia seperti CEO Tesla, Elon Musk dan CEO Amazon, Jeff Bezos, disebut tidak membayar pajar penghasilan mereka.

Dilansir dari France 24, menurut sebuah laporan investigasi yang diterbitkan Selasa lalu Washington mempertimbangkan proposal baru untuk mengatasi penghindaran pajak oleh individu dan perusahaan terkaya.  

Laporan mengejutkan oleh jurnalisme nirlaba ProPublica yang berbasis di New York, menunjukkan Bos Amazon Jeff Bezos tidak membayar pajak penghasilan pada 2007 dan 2011, sementara CEO Tesla Elon Musk menghindari semua pembayaran pada 2018.

Beberapa orang Amerika terkaya disebut "Membayar sedikit pajak penghasilan dibandingkan dengan kekayaan besar mereka kadang-kadang, bahkan tidak sama sekali," kata ProPublica, yang tidak mengungkapkan bagaimana mereka memperoleh data pajak rahasia.

Orang kaya lainnya di Amerika Serikat yang tidak membayar apa pun kepada Internal Revenue Service dalam beberapa tahun termasuk miliarder industri berita dan mantan walikota New York City Michael Bloomberg, miliarder aktivis investor Carl Icahn, dan dermawan dan raksasa keuangan George Soros.

ProPublica mengatakan para miliarder tidak melakukan tindakan ilegal dalam deklarasi pajak mereka, tetapi menggunakan strategi penghindaran pajak "di luar jangkauan orang biasa."

Mereka juga mendapat benefit dari cara penghasilan kena pajak didefinisikan dalam kode pajak AS, karena tidak memperhitungkan pertumbuhan nilai aset seperti saham dan properti, dan hanya pajak yang dihasilkan dari penjualan barang-barang tersebut.

Laporan itu muncul beberapa hari setelah menteri keuangan G7 mengesahkan tarif pajak perusahaan minimum global setidaknya 15 persen, salah satu dari beberapa proposal pajak yang bertujuan untuk memastikan perusahaan multinasional yang menguntungkan membayar bagian mereka secara adil.

Upaya lain termasuk inisiatif Senator Demokrat Elizabeth Warren untuk mengenakan pajak pada orang super kaya, termasuk nilai kepemilikan saham dan rumah mereka, daripada berfokus pada pendapatan saja.

"Sistem pajak kami dicurangi untuk miliarder yang tidak menghasilkan kekayaan melalui pendapatan, seperti yang dilakukan keluarga pekerja," kata Warren saat dia menerbitkan artikel ProPublica di Twitter.

"Sudah waktunya bagi #WealthTax di Amerika untuk membuat orang ultra-kaya akhirnya membayar bagian mereka yang adil."

Related

News 3484311684552198294

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item