Jika Teori Covid-19 dari Laboratorium Wuhan Terbukti, Xi Jinping Terancam Digulingkan


Naviri Magazine - Presiden Tiongkok Xi Jinping terancam dilengserkan jika teori asal-usul virus corona berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan terbukti. Hal ini disampaikan oleh penasihat terkemuka Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jamie Metzl.

Kepada Maajid Nawaz dari LBC, Metzl berkata bahwa jika teori kebocoran laboratorium di Wuhan tentang asal-usul virus corona terbukti benar, itu akan menjadi "pukulan geopolitik besar-besaran" bagi Tiongkok.

"Di Tiongkok, jika itu benar-benar terbukti, saya pikir ada kemungkinan nyata Xi Jinping bisa digulingkan. Akan ada klaim reparasi di seluruh dunia terhadap Tiongkok," kata Metzl dikutip dari Express.

Metzl juga menyebut Tiongkok akan menjadi sasaran kemarahan masyarakat dunia yang kehilangan orang terdekat gara-gara Covid-19.

"Pikirkan saja kemarahan semua orang di seluruh dunia yang kehilangan pasangan, seorang anak, orangtua. Bukan hanya pada kesalahan awal, tetapi penutupan kriminal setelahnya," lanjutnya.

Nawaz mengatakan konsekuensi yang sangat serius harus dihadapi rezim Tiongkok jika teori kebocoran laboratorium terbukti. Sebab pandemi telah membuat seluruh planet untuk pertama kalinya mengalami penguncian.

Langkah dari Badan Intelijen Inggris untuk meningkatkan penelitian klaim kebocoran laboratorium di Wuhan telah memicu ketegangan dengan Beijing. Sebelumnya mereka percaya kemungkinannya tipis.

Namun pekan lalu Presiden AS Joe Biden memrintahkan penyelidikan tentang asal-usul virus ketika teori kebocoran laboratorium menarik perhatian.

Pihak Beijing sendiri telah berulang kali membantah bahwa Institut Virologi Wuhan sebagai sumber virus yang kini telah menewaskan 3,7 juta orang di dunia. Kementerian luar negeri Tiongkok menuduh AS melakukan manipulasi politik dan pengalihan kesalahan.

Related

News 2343537928171376064

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item