Perlu Tahu! Siaran TV Analog akan Segera Dimatikan, Ganti ke TV Digital


Naviri Magazine - Peralihan siaran analog ke digital akan sepenuhnya terjadi tahun depan. Yakni ditargetkan migrasi penuh akan dilakukan hingga 2 November 2022.

Sementara itu tahap pertambahan peralihan akan dilakukan hingga hari kemerdekaan Indonesia yakni 17 Agustus 2021 mendatang. Di tahap ini hanya sejumlah wilayah saja yang mulai migrasi penuh siaran digital.

Tanggal 17 Agustus nanti total 15 daerah yang berada dalam tahap pertama peralihan siaran analog ke digital itu. Berikut Daftarnya:

Aceh : Kabupaten Aceh Besar, Kota Banda Aceh

Kepulauan Riau : Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang.

Banten: Kabupaten Serang, Kota Cilegon, dan Kota Serang.

Kalimantan Timur: Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, dan Kota Bontang.

Kalimantan Utara: Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, dan Kabupaten Nunukan.

Sementara itu untuk migrasi ini masyarakat tidak perlu mengganti TV yang dimiliki sekarang. Meski TV yang digunakan tidak mendukung siaran digital namun masih bisa menikmatinya dengan menambahkan perangkat Set Top Box atau STB.

Menurut Kominfo, harga perangkat STB itu terjangkau. Selain itu juga mudah untuk disambungkan ke TV.

"Sekalipun siarannya digital, televisi yang lama tetap bisa digunakan kok. Cukup tambahkan Set Top Box (STB). Harga STB terjangkau serta mudah merangkaikannya dengan televisi," kata Kominfo dalam keterangannya.

Sementara itu keuntungan dari layanan digital adalah, masyatakat bisa menikmati kualitas gambar yang jauh lebih bersih.

"Nanti digital gambarnya bersih, canggih, bisa lebih interaktif," kata Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia.

Related

Technology 3435280504281866376

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item