Terbongkar Email Anthony Fauci dan Pejabat Kesehatan Tiongkok pada Awal Pandemi Covid-19, Bahas Apa?


Naviri Magazine - Pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS) Dr. Anthony Fauci dilaporkan berkorespondensi dengan seorang pejabat kesehatan Tiongkok di awal pandemi Covid-19.

Laporan itu mengungkapkan bahwa Fauci dan pejabat Tiongkok saling berkomunikasi lewat email, dan Fauci bersumpah bahwa mereka bisa melewati pandemi Covid-19 bersama-sama.

Dilansir dari New York Post, Fauci menerima email itu pada 28 Maret 2020 dari George Gao, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok.

Dalam email itu Gao meminta maaf karena mengatakan AS dan negara-negara lain membuat kesalahan besar dengan tidak mendorong orang untuk memakai masker sejak awal.

“Bagaimana saya bisa mengatakan kata ‘kesalahan besar’ seperti itu tentang orang lain? Itu kata-kata wartawan. Semoga Anda mengerti. Mari kita bekerja sama untuk mengeluarkan virus dari bumi,” tulis Gao.

“Saya mengerti sepenuhnya. Tidak masalah. Kita akan melewati ini bersama-sama,” jawab Fauci.

Korespondensi datang ketika Presiden AS saat itu, Donald Trump, menyalahkan Tiongkok atas wabah virus Corona.

Saat Fauci menghadapi kritik atas penanganannya terhadap pandemi Covid-19, Gao mengulurkan tangan lagi.

“Saya melihat beberapa berita (semoga itu palsu) bahwa Anda diserang oleh beberapa orang. Semoga Anda baik-baik saja di bawah situasi yang tidak rasional seperti itu,” tulis Gao pada 8 April 2020.

Tiga hari kemudian, Fauci menjawab dan berterima kasih kepada teman lamanya untuk apa yang ia sebut sebagai catatan baiknya.

"Semua baik-baik saja meskipun ada beberapa orang gila di dunia ini," tulis Fauci.

Percakapan itu termasuk di antara lebih dari 866 halaman email Fauci dari Maret dan April 2020 yang diperoleh melalui permintaan Undang-Undang Kebebasan Informasi. Dalam email tersebut, Fauci juga berkorespondensi dengan seorang eksekutif di Bill and Melinda Gates Foundation.

Ia juga diketahui bercakap dengan seorang direktur medis dari Asosiasi Pemain Liga Sepak Bola Nasional dan pembuat film dokumenter yang mengerjakan film dokumenter yang didukung Disney tentangnya.

Dalam korespondensinya dengan penasihat Gates, Emilio Emini, eksekutif tersebut menyampaikan kekhawatiran tentang kesehatan Fauci.

“Saya melihat Anda di TV hampir setiap hari, dan meskipun Anda terus memiliki energi yang cukup besar, saya sangat mengkhawatirkan Anda,” tulis Emini dalam email pada 2 April 2020.

Fauci kemudian menanggapi pada dini hari keesokan harinya.

“Saya akan mencoba untuk terlibat sebanyak yang saya bisa, mengingat keadaan saya saat ini,” Fauci menjawab.

Email tersebut juga mengungkapkan bahwa Fauci terus berhubungan dekat dengan pejabat Gedung Putih selama periode dua bulan.

Tepat sebelum Paskah, dia bertukar email dengan Marc Short, kepala staf Wakil Presiden Mike Pence, di mana dia mengucapkan hari yang damai dan menyenangkan bersama keluarga.

Related

News 8372103148685566903

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item