Akan Kedatangan Tamu Mendadak? Ini Tips yang Bisa Diikuti


Naviri Magazine - Tidak selalu tamu datang dengan pemberitahuan cukup awal, sehingga pemilik rumah bisa menyiapkan segala sesuatu dengan cermat untuk membuat tamu merasa nyaman. Meski tak bisa disebut yang berkunjung adalah tamu yang tak diundang, namun bisa jadi nyonya rumah menjadi panik karena kunjungan dadakan dan jumlah tamu cukup banyak.

Biasanya, tamu tanpa rencana ini sering baru memberitahu kedatangan mereka satu jam sebelumnya. Bahkan bisa jadi lebih awal, hanya 30 menit sebelum sampai. Biasanya tamu semacam ini berniat membuat kejutan. Hasilnya memang nyonya rumah benar-benar terkejut—dan seringnya juga bercampur panik.

Dalam soal menyediakan makanan untuk tamu, mungkin tidak terlalu sulit. Nyonya rumah bisa langsung pesan lewat jasa antaran dari berbagai restoran di sekitar rumah. Umumnya, hidangan datang tak lebih dari satu jam, bahkan bisa lebih singkat.

Tetapi yang jadi persoalan dalam hal ini tidak sekadar makanan. Penataan rumah pun tentunya harus diperhatikan. Bagaimana pun, kenyamanan ruangan juga akan memberi kesan bagi para tamu tersebut. Nah, untuk membereskannya secepat kilat, Anda tentunya tidak bisa melakukan pembersihan secara besar-besaran. Untuk praktisnya, silakan simak tip berikut.

Tahap awal, tentunya perhatikan penampilan Anda. Siapkan pakaian dan penataan rambut yang pantas. Bagaimana pun, penampilan Anda akan membuat kesan pertama di mata para tamu, apalagi jika mereka datang dari jauh. Baru selanjutnya Anda memikirkan ruangan atau rumah Anda.

Tutup dan kunci ruangan yang tidak pantas terlihat, sehingga tamu tidak mendapat kesempatan untuk melongok ke bagian dalam.

Bersihkan lantai dari benda-benda yang berserakan, atau barang-barang yang membuat gerak tamu terganggu. Sembunyikan tas-tas yang biasanya bergantungan dimana-mana atau ditaruh di sembarang tempat. Jadikan barang-barang itu dalam satu tempat, atau bisa juga dimasukkan ke dalam kotak sehingga terlihat agak rapi.

Coba lakukan pembersihan secara ringan dan sekilas. Di antaranya melap meubel, kaca-kaca, lemari bagian luar, meja, dan perabot lain yang bisa terlihat tamu.

Gantilah semua sarung bantal yang melapisi bantal-bantal di kursi yang berada di ruang tamu atau ruang lain yang digunakan untuk acara, atau kemungkinan tamu akan meluangkan waktunya di sana.

Cek kamar mandi. Bersihkan lantai kamar mandi dari kotoran berupa rambut-rambut yang kerap rontok, bekas pasta gigi, atau sikat gigi yang telah terpakai. Bila ada barang-barang di kamar mandi yang membuat suasana tidak nyaman, coba sembunyikan. Handuk-handuk digantung di rak. 

Jika waktu yang tersedia cukup banyak, Anda bisa membersihkan ruangan yang digunakan untuk berkumpul dengan vacuum cleaner.

Masuklah ke dapur dan sembunyikan sisa sayuran atau bahan makanan lain yang belum sempat dibuang di dalam oven atau tempat lain. Yang penting, benda kotor tersebut tersembunyi. Bersihkan juga kekacauan yang biasanya terdapat di daerah pojok ruangan. 

Meskipun tamu tidak berkumpul di dapur, namun pada saat Anda menyiapkan minum bisa jadi ada tamu yang mengikuti Anda. Karenanya, dapur juga harus terlihat bersih.

Semprotkan wewangian yang sama dengan pembersih ruangan. Udara yang telah bercampur dengan bau tersebut menyebarkan kesan bahwa segala benda ataupun lantai ruangan telah dibersihkan dengan baik.

Related

Tips 6943787661921005443

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item