Biar Tidak Bingung, Ini Perbedaan Hotel Butik dengan Hotel Konvensional


Naviri Magazine - Kita mungkin pernah mendengar istilah “hotel butik”, dan bisa jadi kita bertanya-tanya, apa perbedaannya dengan hotel biasa atau hotel konvensional?

Hotel butik adalah hotel yang didesain dengan tujuan membuat pengunjung hotel merasa berada di rumah sendiri. Kemudian, hotel butik umumnya dirancang dengan artsy, sehingga menginap di hotel butik tidak hanya memberikan kenyamanan, namun juga pengalaman yang tidak bisa didapat di hotel konvensional.

Artikel "Hip heritage: The Boutique Hotel Business in Singapore" menyebutkan konsep hotel butik muncul sejak 1980-an. Morgan Hotel di New York menjadi salah satu pelopor jenis hotel ini. Amerika Utara dan Eropa menjadi negara-negara awal yang mengadaptasi model hotel butik. Asia Tenggara kemudian menyusul dalam menciptakan gaya penginapan itu.

Tulisan berjudul "Emerging Definitions of Boutique and Lifestyle Hotels: A Delphi Study" mengungkap bahwa hal yang ditekankan dalam hotel butik ialah perasaan nyaman seperti di rumah sendiri dan servis personal. Konsep tersebut sengaja diciptakan berseberangan dengan jenis penginapan mayoritas yang lahir dengan standar tertentu. 

Penelitian yang dimuat di Journal of Travel & Tourism Marketing itu menyebutkan pula bahwa hotel butik mencerminkan beberapa kriteria, diantaranya sarat budaya, bersejarah, otentik, menarik, dan menyajikan servis yang unik. Sementara perasaan yang hendak diberikan kepada pengunjung hotel ialah petualangan, keingintahuan, dan kekaguman.

Di Jakarta, hotel butik terselip di antara gedung-gedung pencakar langit. Kadang diperlukan usaha ekstra untuk mengenalinya lantaran bentuk bangunannya yang ramping. Perlu sedikit usaha untuk menemukan kejutan yang siap diberikan dari hotel-hotel tersebut. 

Related

Lifestyle 2211733071117789120

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item