Bisakah Kita Membeli Mobil Mewah Ferrari Secara Kredit?


Naviri Magazine - Ada dua cara membeli mobil yang kita kenal selama ini, yaitu secara kontan atau cash, dan secara kredit atau mencicil. Bagi yang punya uang, membeli secara kontan tentu lebih praktis dan lebih murah, karena tidak dibebani bunga. Sementara bagi yang tidak bisa membeli secara kontan, membeli mobil secara kredit dianggap lebih ringan, karena tidak harus mengeluarkan uang sekaligus dalam jumlah banyak.

Di antara mobil yang bisa dibeli secara kredit, biasanya mobil-mobil “umum” yang biasa dipakai untuk keluarga. Misalnya Avanza atau Innova. Bagaimana dengan mobil-mobil sport mahal semacam Ferrari? Apakah kita bisa membeli Ferrari secara kredit?

Seperti kita tahu, Ferrari adalah mobil mewah dengan harga sangat mahal, yang biasa dimiliki kalangan atas. Biasanya, orang-orang yang membeli Ferrari membelinya secara cash. Namun, jika ingin membeli Ferrari secara kredit, sebenarnya bisa saja, tapi bukan keluaran baru, melainkan mobil Ferrari second atau bekas.

Seperti jual beli di pasaran otomotif pada umumnya, diler-diler mobil mewah bekas juga menawarkan kredit untuk para calon konsumennya. Pada umumnya, mobil mewah yang bisa dibeli secara kredit adalah yang berusia lima sampai delapan tahun. Tenor atau masa kreditnya juga dibatasi maksimal empat tahun.

Di Jakarta, diler-diler mobil mewah bekas banyak ditemui di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Dari keterangan para pengelola diler, beberapa perusahaan pembiayaan atau leasing yang bisa melayani kredit mobil mewah bekas adalah BCA Finance dan Mitsui Leasing.

Uang muka (down payment) untuk tiap pembelian mobil mewah biasanya dibatasi 30 persen dari harga mobil. Sepanjang memenuhi kriteria tahun produksi, kredit berlaku untuk semua merek dan tipe Ferrari.

Untuk satu unit Ferrari 458, misalnya, harga jualnya masih ada di angka sekitar Rp 6 miliar. Bila ingin kredit dengan DP 30 persen selama tiga tahun, cicilan per bulan untuk Ferrari 458 bisa mencapai Rp 200 juta.

Nilai Rp 200 juta itu, kalau dipikir-pikir, setara dengan harga baru untuk satu unit Toyota Avanza. Dari situs resmi Toyota Astra Motor, harga jual Avanza kini ada di angka Rp 190 juta untuk tipe biasa, dan Rp 215 juta untuk tipe Veloz.

Menurut keterangan para pengelola diler, kredit dalam pembelian mobil mewah bekas merupakan hal yang lumrah. Bahkan jumlah pembeli lewat cara ini bisa mencapai setengah dari jumlah total keseluruhan. 

Related

Automotive 1911461264638234139

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item