Ini 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 6)

Ini 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan

Naviri Magazine - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (Ini 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan ~ Bagian 5). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan daftar yang lebih lengkap, silakan baca uraian sebelumnya terlebih dulu.

25. Norman Stanfield
Dalam: Leon: The Professional (1994)
Pemeran: Gary Oldman
Sutradara: Luc Besson

Leon (Jean Reno) adalah seorang pembunuh bayaran yang, karena faktor kasihan, mengurusi tetangga kecilnya, Mathilda (Natalie Portman), yang seluruh keluarganya tewas. Leon juga mengajari Mathilda berbagai teknik melindungi diri sendiri, agar bisa membalas dendam kepada Norman (Oldman) yang memimpin sebuah kelompok pengedar narkoba.

Oldman sudah sering memerankan tokoh penjahat, namun penampilannya di Leon: The Professional dianggap yang terbaik. Hidup Norman punya dua sisi, jadi polisi sekaligus gembong narkoba. Karakter ini kebalikan dari sosok Leon. Ada adegan psycho yang menarik, yaitu ketika Norman berteriak, “Get me everyone… Everyone!”

24. Stuart Macher dan Billy Loomis
Dalam: Scream (1996)
Pemeran: Matthew Lillard dan Skeet Ulrich
Sutradara: Wes Craven

Seorang remaja putri bernama Sidney Prescott (Neve Campbell), tanpa tahu sebab yang pasti, menjadi sasaran teror orang tak dikenal. Pada saat yang sama, ada reporter Gale Weathers (Courtney Cox) dan polisi Dwight Riley (David Arquette) berusaha mengungkap kejadian sebenarnya dengan tersangka teman-teman remaja Sidney.

Klimaks film sungguh di luar dugaan. Semua penonton tidak akan menyangka kalau tokoh yang diperankan oleh Lillard dan Ulrich-lah yang menjadi penjahat asli, karena dari awal sudah mengecoh. Naskah yang disusun Kevin Williamson dan sutradara Craven ini dibuat hingga tiga seri yang seluruhnya sukses.

23. The Smith Family (Vincent Smith, Bruce Smith, Ida smith)
Dalam: Motel Hell (1980)
Pemeran: Rory Calhoun (Vincent), Paul Linke (Bruce), Nancy Parsons (Ida)
Sutradara: Kevin Connor

Tiga bersaudara Smith menjadi pemilik Motel Hello, yang di restorannya ada menu daging bakar yang diklaim sebagai masakan paling gurih dan lezat seantero Amerika Serikat. 

Yang tidak diketahui oleh para pelanggan, daging yang disajikan adalah daging manusia. Leher para korban digorok, selanjutnya ditimbun di taman rahasia, untuk kemudian dibersihkan, disayat, dimasak, lalu disajikan bagi tamu-tamu yang memesan. 

22. Harry Powell
Dalam: Night of the Hunter (1955)
Pemeran: Robert Mitchum
Sutradara: Charles Laughton

Ketika di dalam penjara, Harry (Robert Mitchum) mengetahui teman satu selnya, Ben, menyimpan uang secara rahasia di rumahnya. Begitu Ben meninggal, Harry datang ke rumah keluarga Ben untuk mendekati istri dan kedua anak Ben, dengan tujuan mendapatkan uang yang ditinggalkan.

Pada dekade 1950-an, tidak akan terbayang seseorang yang religius ternyata kriminal psycho menakutkan. Bisa dibilang, menjadi Harry adalah penampilan terbaik Mitchum. Ada hal tertentu yang bisa jadi pelajaran, antara lain jangan terkecoh, dan jangan sembarangan menerima orang tak dikenal.

21. The Spaulding Family (Captain Spaulding, Otis B. Driftwood, Baby Firefly, Mother Firefly, Tiny Firefly)
Dalam: House of 1000 Corpses (2003)
Pemeran: Sid Haig (Captain), Bill Moseley (Otis), Sheri Moon Zombie (Baby), Karen Black (Mother), Matthew McGrory (Tiny)
Sutradara: Rob Zombie

Mereka adalah keluarga psycho yang dengan kompak menculik, menyiksa, kemudian membunuh para korban tanpa ampun. Captain, sang kepala keluarga, adalah pemilik Museum of Monsters and Madmen, yang menampilkan sejarah pembunuhan berantai. Dari semua anggota keluarga, Baby yang paling cantik, seksi, sekaligus yang paling gila. Mereka setidaknya sudah melakukan 70 pembunuhan sadis pada orang-orang yang kebetulan mampir ke museum.

House of 1000 Corpses sebenarnya sudah selesai sejak tahun 2000. Pihak Universal Pictures, yang tadinya berniat menjadi distributor, tiba-tiba membatalkan setelah menonton. Baru pada tahun 2003, Lions Gate Films bersedia mengambil alih. 

Dengan biaya pembuatan 7 juta dolar Amerika, keuntungan kotor yang diperoleh mencapai 16,8 juta dolar Amerika, yang memuluskan jalan pembuatan sekuelnya, The Devil’s Rejects (2005).

Baca lanjutannya: Ini 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 7)

Related

Film 6303050823978632108

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item