Jepang Cetak Rekor Transmisi Data, Bisa Transfer 10.000 Film HD dalam 1 Detik


Naviri Magazine - Peneliti Jepang telah menciptakan rekor kecepatan transfer data melalui kabel optik sepanjang 1.864 mil (3.000 kilometer), dengan mencapai kecepatan kilat 319 terabit per detik. Ini sangat cepat sehingga Anda dapat mentransfer 10.000 film definisi tinggi masing-masing sekitar 4 Gigabytes hanya dalam satu detik.

Teknologi semacam ini digunakan di jaringan back-end penyedia broadband dan kemudian dibagi di antara ratusan atau ribuan pelanggan.

Rekor baru ini memecahkan kecepatan terbaik sebelumnya untuk transfer data jarak jauh 172 terabit per detik, yang juga dibuat oleh tim dari Institut Informasi dan Komunikasi Nasional (NICT) Jepang di Tokyo.

Sistem baru ini kompatibel dengan infrastruktur yang ada, artinya jaringan dapat dengan mudah ditingkatkan, karena kabelnya berukuran sama, tim menjelaskan.

Para peneliti mengatakan kecepatan semacam ini akan diperlukan untuk infrastruktur back-end karena layanan menghadapi tuntutan yang semakin besar pada infrastruktur internet, termasuk melalui kecepatan yang lebih cepat dari jaringan 5G, serta internet dan streaming.

Untuk mencapai kecepatan yang luar biasa itu, mereka menggunakan kabel serat optik empat inti yang digabungkan, menyalurkan data empat tabung serat optik daripada tabung tunggal seperti biasa.

Ini mengurangi distorsi sinyal jarak jauh, dan teknik baru ini mirip dengan sistem pemecahan rekor sebelumnya, tetapi dengan satu inti lagi. Data kemudian ditransmisikan menggunakan 'wavelength-division multiplexing', sebuah teknologi yang mengambil data yang dipancarkan oleh laser dan membaginya menjadi 552 saluran.

Data ini kemudian dikirim ke empat inti serat optik melalui kabel serat optik sepanjang 1.864 mil, dengan amplifier setiap 43,5 mil. Amplifier meningkatkan kekuatan sinyal untuk meminimalkan kehilangan transmisi jarak jauh.

Tidak seperti amplifier generasi sebelumnya, amplifier ini telah dicampur dengan elemen tanah jarang, seperti thulium dan erbium, di mana mereka bertindak untuk merangsang ion dan meningkatkan kekuatan sinyal.

“Dengan menambahkan sejumlah kecil ion tanah jarang ke bahan dasar serat optik, amplifikasi dapat dicapai dengan menarik ion-ion ini dengan laser pompa panjang gelombang yang lebih rendah, dan kemudian memperkuat foton sinyal melalui emisi terstimulasi,” kata mereka.

“Amplifikasi seperti itu secara signifikan meningkatkan jangkauan transmisi komunikasi serat optik dan memungkinkan amplifikasi banyak saluran panjang gelombang secara bersamaan.”

Secara keseluruhan, setiap saluran mentransmisikan data sekitar 145 gigabit per detik untuk masing-masing dari empat inti, atau sekitar 580 gigabit per detik untuk semua inti yang digabungkan. Dengan 552 saluran transmisi, ini memungkinkan mereka untuk mencapai rekor kecepatan 319 terabit.

Terlepas dari semua kelongsong ekstra untuk empat inti, ia memiliki diameter yang sama dengan kabel serat optik inti tunggal standar. “Ini menarik untuk adopsi awal serat dalam jaringan keluaran tinggi, jarak jauh,” menurut para peneliti.

Hal ini kompatibel dengan infrastruktur kabel konvensional. Peneliti sekarang bekerja untuk meningkatkan kapasitas transmisi, memperluas jangkauan, dan membuatnya lebih cepat untuk memenuhi permintaan potensial saat dunia bergerak melampaui 5G.

“Di luar 5G, peningkatan eksplosif dari layanan data baru diharapkan dan oleh karena itu penting untuk menunjukkan bagaimana serat baru dapat memenuhi permintaan ini,” kata mereka. “Oleh karena itu, diharapkan hasil ini akan membantu terwujudnya sistem komunikasi baru yang dapat mendukung layanan baru yang haus bandwidth.”

Temuan tersebut dipresentasikan pada International Conference on Optical Fiber Communications.

Related

Technology 491378858455720690

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item