Mengapa Doctor Strange Hanya Melihat 1 Kemungkinan untuk Mengalahkan Thanos?


Naviri Magazine - Serial Loki memperkenalkan organisasi bernama TVA. Mereka dengan kejam menyingkirkan penyimpangan-penyimpangan dari alur waktu. Tujuan utamanya adalah mencegah percabangan multiverse, sehingga di masa depan tak terjadi lagi perang multisemesta. 

Apakah TVA adalah alasan Doctor Strange cuma melihat 1 cara menang melawan Thanos? 

Perhitungkan tendensi TVA

TVA bisa dengan mudah menyingkirkan semua penyimpangan dari Sacred Timeline. Jangankan Loki mencuri Tesseract dan kabur dari kejadian di Avengers pertama. Kesalahan yang lebih minor saja bisa berujung dengan penjemputan dan kemudian pemusnahan oleh TVA. 

Kalau misalnya Dr. Strange menemukan cara untuk menang dari Thanos di Infinity War, itu akan menyebabkan penyimpangan besar-besaran Sacred Timeline. Soalnya kejadian di Endgame bisa saja tidak terjadi. Malah mungkin itu penyimpangan yang lebih parah dari yang dilakukan Loki. 

1 dari 14.000.605 bisa jadi satu-satunya cara menyelesaikan konflik tanpa dihapus oleh TVA

1 cara yang ditemukan Doctor Strange ini bisa dibilang membiarkan Thanos menang, kemudian Tony Stark nanti akan termotivasi untuk membuat alat perjalanan lintas waktu.

Semesta lalu dipulihkan, namun Thanos masa lalu datang. Dalam pertempuran melawan Thanos, Doctor Strange akan mengingatkan soal 1 cara menang, dan itu membuat Tony sadar dia harus mengorbankan diri. 

Nah, ini yang menarik: semua kejadian ini disetujui TVA. Termasuk perjalanan Avengers ke masa lalu untuk mendapatkan Infinity Stone pengganti, karenanya TVA tidak dikerahkan untuk menghukum Avengers.

Bahkan sudah ditegaskan oleh TVA sendiri yang dilakukan oleh Avengers itu adalah yang seharusnya terjadi. 

Lalu mari kita ingat lagi Sacred Timeline. Itu pada dasarnya adalah satu waktu yang tak diizinkan bercabang terlalu parah, untuk mencegah percabangan yang ekstrem. Jadi sejak awal hanya ada satu kemungkinan yang diizinkan terjadi. 

Berdasarkan pertimbangan ini, Doctor Strange benar-benar menyadari kalau dia melakukan hal lain maka kemenangannya hanya akan di-reset oleh TVA. 

1 dari 14.000.605 itu angka yang tercipta bukan semata karena Thanos perkasa. Sejak awal, hanya ada 1 kemungkinan yang diizinkan oleh TVA. 

TVA pun sepertinya tak akan membiarkan Thanos menang di Endgame. Kejadian di Infinity War hingga Endgame itulah satu-satunya jalan yang diperbolehkan terjadi dalam Sacred Timeline. 

Karenanya, kalau tidak ada kendali TVA, kemungkinan menang yang dilihat Doctor Strange bisa jadi lebih banyak. 

Mungkin, ini alasan sejati kenapa pada dasarnya rencana ini terasa manipulatif sekali. Strange pada dasarnya seperti membuat Tony Stark termotivasi untuk mengorbankan diri setelah Infinity War.

Strange sendiri mungkin tidak menyukai itu, dan karenanya dia melihat sampai belasan juta kemungkinan. Namun takdir sudah menetapkan demikian. 

Ya, bisa jadi Strange sudah mengetahui soal TVA

Bisa jadi, bukan kebetulan Doctor Strange akan terlibat dalam Multiverse of Madness. Mungkin sekali Strange sudah mengetahui soal TVA. Mungkin saat dia menggunakan Time Stone untuk melihat semua probabilitas masa depan itu.

Namun He Who Remains yang berada di balik TVA sudah mati sejak Loki episode 6. Kini tak ada lagi Sacred Timeline, waktu mulai bercabang membentuk multisemesta. Mungkin Strange akan mengetahui hal ini juga nanti, dan bisa jadi itu yang membuat dia harus bertindak. Lalu terlibatlah dia dalam Multiverse of Madness. 

Itu analisis soal apakah TVA alasan Doctor Strange cuma melihat satu cara mengalahkan Thanos. Tampaknya memang hanya satu cara itu yang diizinkan supaya waktu tidak menyimpang. Bagaimana menurutmu? 

Related

Film 6974991439841272111

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item