Kisah Tragis dari India: Tertipu Dokter Gadungan, Ingin Sehat Malah Kena HIV


Naviri Magazine - Sakit atau penyakit bisa datang kepada siapa saja, di waktu kapan saja. Untuk mengatasi masalah kesehatan, orang tentu harus datang pada ahlinya, yaitu dokter. Dalam hal itu, kadang-kadang ada masalah, semisal ketiadaan biaya, sehingga orang enggan mendatangi dokter untuk mendapatkan penanganan dan perawatan.

Fenomena semacam itu terjadi di mana-mana, di berbagai negara. Rupanya, kenyataan semacam itu justru dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk menipu dan mendapat keuntungan dari orang-orang yang sakit. Salah satu kejadian yang mengerikan terkait hal itu adalah peristiwa di India.

The New York Times melaporkan sebanyak 33 orang terjangkit HIV di Distrik Unnao, Uttar Pradesh, India, setelah disuntik seorang yang mengaku dokter—di India, orang seperti itu disebut jhola chhaap doctor.

Laporan tersebut menyebutkan si jhola chhaap doctor berkeliling desa dan menawarkan penyembuhan penyakit melalui suntikan. Kepada calon pasiennya, dia mengatakan suntikan tersebut bisa membuat mereka merasa lebih baik. Namun, dokter gadungan itu menggunakan satu suntikan untuk banyak orang tanpa membersihkannya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengobatan Sosial dan Kesehatan Masyarakat di Universitas Jawaharlal Nehru, New Delhi, Mohan Rao, mengatakan jhola chhaap doctor tumbuh subur di India karena sistem kesehatan India yang buruk.

"Orang yang putus asa menemukan cara putus asa untuk mendapatkan perawatan kesehatan,'' kata Rao. "Ini adalah kegagalan masyarakat India, sebuah kegagalan politik India. Kami mengucurkan [dana] yang terendah untuk perawatan kesehatan masyarakat di dunia." 

Di Eropa dan Amerika Serikat, dokter gadungan dengan tindakan serupa dikenal dengan istilah quack atau quacksalver. Contohnya adalah yang terjadi pada 2016, di Virginia, AS. Malachi Love-Robinson ditangkap dan dipenjara setelah menyelenggarakan praktik dokter tanpa izin. 

Related

World's Fact 6153025238337072243

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item