Mengenal Aneka Manfaat Buah Duwet untuk Kesehatan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Mengenal Aneka Manfaat Buah Duwet untuk Kesehatan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Melindungi kesehatan jantung

Dalam 100 gram buah duwet terdapat kandungan 23 mg sodium dan 56 mg kalium. Sodium dan kalium memiliki manfaat dalam mengatur otot jantung, membantu mengatur detak jantung, serta menghindari beragam jenis kemungkinan penyakit karena serangan jantung. 

Mengonsumsi buah duwet segar yang matang juga dapat memenuhi kebutuhan kalium serta sodium untuk tubuh Anda.

Mengatasi diabetes

Penyakit diabetes disebabkan karena organ yang menghasilkan hormon insulin tak bekerja, hingga tubuh tak dapat mengatur kandungan gula dalam darah. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi serta gula menjadikan tubuh menghasilkan kandungan gula yang sangat tinggi. 

Penyembuhan diabetes dengan menggunakan duwet sudah diawali di India, dan kini mulai diakui di Inggris. Buah duwet yang sudah diproses menjadi sirup atau jus murni dapat membantu menurunkan kandungan gula dalam darah, serta tidak memiliki efek samping.

Meningkatkan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan atau tidak berselera makan dapat dialami siapa pun, dengan beragam penyebab. Biasanya karena adanya masalah pencernaan, sakit perut, dan semacamnya. Masalah itu dapat diatasi dengan duwet, karena buah ini dapat membantu melakukan perbaikan sistem pencernaan sekaligus dapat meningkatkan nafsu makan.

Untuk hal tersebut, Anda perlu menyiapkan 50 gram buah duwet yang segar, lalu campur dengan air gula atau madu secukupnya. Minumlah campuran tersebut, dan Anda akan merasakan perut yang nyaman, serta nafsu makan yang meningkat.

Mengatasi batuk

Batuk, termasuk batuk menahun, dapat diatasi dengan duwet segar. Buah ini mengandung vitamin C serta senyawa antioksidan yang membantu melawan bakteri atau infeksi pemicu batuk kronis. Anda dapat menggunakan kombinasi buah duwet segar dengan madu sebagai pengganti obat batuk sirup.

Mengatasi sakit perut

Buah duwet yang masih segar memiliki kandungan senyawa antosianin, kaemferol, serta asam elagik, yang memiliki manfaat dalam membantu melancarkan pencernaan, membersihkan usus, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk keperluan ini, pilihlah duwet yang benar-benar matang dan segar, dan jangan lupa membersihkannya terlebih dulu.

Menjaga kesehatan mata

Dalam 100 gram buah duwet terkandung sekitar 81 IU vitamin A. Kandungan vitamin tersebut dapat membantu menjaga kesehatan mata, mengatasi masalah rabun, serta menurunkan risiko kebutaan akibat katarak.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Dalam 100 gram buah duwet segar terdapat kandungan aneka nutrisi yang dapat membantu melindungi kesehatan tulang dan gigi. Sebagian nutrisi itu adalah 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, 16,7 mg fosfor, serta 1,7 mg zat besi. Kalsium, magnesium, fosfor, serta zat besi adalah nutrisi yang dapat melindungi sistem kepadatan tulang, serta menghindarkan gigi berlubang.

Orang yang memiliki masalah dengan kekurangan kalsium umumnya mudah terserang penyakit tulang, seperti radang sendi atau osteoporosis ketika bertambah umur. Rutin mengonsumsi duwet dapat membantu meminimalkan hal tersebut.

Sumber energi

Dalam 100 gram buah duwet segar terdapat kandungan 0,132 g protein, 0,5 g lemak, dan 15 g karbohidrat. Karbohidrat serta protein bisa menjadi sumber tenaga yang baik, karena membantu memecah zat pati menjadi zat gula. 

Karenanya, ketika sedang bekerja di bawah cuaca panas, dan Anda merasa kelelahan, Anda bisa memilih duwet sebagai camilan sehat untuk mengembalikan kesegaran dan tenaga. 

Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dapat diturunkan dengan cara mudah, yaitu dengan mengonsumsi buah duwet beserta bijinya. Buah duwet mengandung zat alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat anti-kolesterol.

Related

Health 505950784042080539

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item