Mengenal Bediding, Fenomena Suhu Dingin di Musim Kemarau yang Panas


Naviri Magazine - Kita mungkin pernah mengalami kedinginan, padahal masih musim kemarau. Fenomena semacam itu disebut bediding. Biasanya bediding terjadi di daerah pegunungan.

Sebenarnya, apa itu bediding? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Bediding

Bediding berasal dari bahasa Jawa. Bediding digunakan untuk menggambarkan adanya perbedaan suhu mencolok yang sering terjadi di awal musim kemarau.

Saat bediding terjadi, rasanya di malam atau pagi hari terasa sangat dingin. Namun panas terik di siang hari.

Mengapa Bediding Terjadi?

Bediding terjadi karena wilayah Australia mengalami musim dingin bergerak menuju Indonesia (monsoon Australia). Selain itu, tutupan awan cenderung sedikit sehingga udara panas tidak dipantulkan kembali ke bumi.

Angin muson atau disebut juga angin musim merupakan gerakan massa udara yang terjadi karena perbedaan tekanan antara daratan dan lautan. Sementara itu, di wilayah tropis, angin muson dipengaruhi perbedaan sinar matahari.

Besar kecilnya tekanan udara di suatu daerah itu dipengaruhi posisi matahari terhadap bumi. Posisi matahari itu dapat dipetakan menjadi 4, yaitu 23,5 derajat LU (21 Juni), khatulistiwa (23 September), 23,5 derajat LS (22 Desember), dan khatulistiwa (21 Maret).

Angin muson terbagi menjadi dua, yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Perbedaan keduanya terletak pada arah angin, waktu terjadinya, dan dampak yang dihasilkan angin tersebut.

Kapan Bediding Terjadi?

Bediding biasanya terjadi sekitar 3-4 bulan, yaitu pada bulan Juni hingga Agustus. Biasanya suhu terdingin terjadi di bulan Agustus yang merupakan puncak musim kemarau.

Tips Menghadapi Bediding

1. Menjaga imunitas tubuh dengan mencukupi nutrisi dalam tubuh.
2. Istirahat yang cukup.
3. Menghindari aktivitas berlebihan yang dapat menyebabkan kelelahan.
4. Minum air putih yang cukup untuk mencegah kulit atau bibir kering.

Related

Science 2220813115680590340

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item